Tiongkok Blokir Film Mancanegara, Box Office Dikuasai Kungfu Yoga

Anna Muttaqien View: 1462

Film-film domestik menyapu bersih peringkat teratas box office Tiongkok pada akhir pekan yang bertepatan dengan imlek. Pasalnya, pemerintah tengah menerapkan larangan sementara atas impor film mancanegara di bioskop setempat guna memberikan ruang bagi film-film domestik untuk naik daun.

Dalam pada itu, film komedi laga yang digawangi Jackie Chan, Kung Fu Yoga, melesat ke peringkat pertama box office Tiongkok, dengan hasil penjualan tiket mencapai $140.4 juta, menurut perusahaan konsultasi industri film Artisan Gateway, sebagaimana dikutip oleh LA Times. Kung Fu Yoga berhasil meraup pendapatan total $179.5 juta dalam 10 hari penayangannya, sehingga menjadikannya film Jackie Chan paling sukses di Tiongkok.

Film fantasi Journey to the West: The Demons Strike Back besutan sutradara komedi tenar Stephen Chow selip ke peringkat kedua box office Tiongkok. Sekuel dari Journey to the West: Conquering the Demons (2013) ini hanya mampu menghimpun $120.6 juta dalam sepekan. Namun total perolehan sepuluh harinya lebih tinggi dibanding Kung Fu Yoga pada angka $205.1 juta.

Menyusul di urutan berikutnya ada film drama Duckweed yang dibintangi Deng Chao dan Eddie Peng; Buddies in India, produksi kerjasama Tiongkok-India besutan komedian Wang Baoqiang, serta film animasi anak-anak Boonie Bears: Entangled Worlds.

Pemerintah Tiongkok telah memberikan tambahan dua judul film dalam kuota impor tahunannya, sehingga kini India bisa mengirim empat film ke negeri Panda. Kabarnya, ini karena performa Kung Fu Yoga dan Buddies In India yang berbau Bollywood mendapat sambutan baik dari movie-goers Tiongkok.

Akan tetapi, film-film mancanegara baru akan bisa masuk Tiongkok pada 10 Februari mendatang, bertepatan dengan hari pertama bagi xXx: Return of Xander Cage.


Anna Muttaqien

Kontributor sekaligus editor di Sinemapedia. Hobi menulis, membaca, nonton, plus nggosip apa saja yang hubungannya dengan Asia dan Jepang. Mulai suka anime dan manga sejak tahun 90-an, berlanjut sampai sekarang.

Lihat profil selengkapnya






Berita Lain
Review Film




Artikel Popular