Siapa Tokoh Utama Game Of Thrones?

Anna Muttaqien View: 14900

Fans penggemar karya George RR Martin ini sudah lama bersilang pendapat mengenai siapa tokoh utama Game of Thrones? Jon Snow? Hodor? Daenerys? Hingga menjelang ditayangkannya Game of Thrones Season 7, jawabannya masih jadi misteri. Setiap kali satu karakter mulai menonjol sebagai kandidat protagonis, ia kemudian tewas atau terasingkan dari lini cerita utama.

Dalam rangka mengetahui siapa tokoh utama Game of Thrones, dua pakar matematika di Macalester College, Minnesota, Amerika Serikat, melakukan eksperimen khusus. Andrew J. Beveridge dan Jie Shan merubah dunia Game of Thrones menjadi jaringan hubungan sosial menggunakan Network Science, sebuah bidang studi yang diambil dari ilmu ekonomi, sosiologi, dan ilmu komputer, untuk menentukan bagaimana informasi mengalir dari satu hal ke hal lainnya. Penelitian mereka yang bertajuk "Network of Thrones" ini dipublikasikan oleh Mathematical Association of America dalam Math Horizons.

Beveridge dan Shan memulai penelitian dengan menghubungkan setiap karakter yang berkomunikasi satu sama lain di buku ketiga seri Game of Thrones, A Storm of Swords. Kapan saja dua karakter muncul dalam kurun 15 kata, maka sebuah penghubung ditambahkan diantara mereka, lalu hubungan itu pun dibobotkan berdasarkan seberapa sering mereka muncul berdekatan.

Hasilnya?

Lihat dalam gambar di bawah ini:

Tokoh Utama Game of Thrones

Pemetaan yang dilakukan kedua matematikawan itu menghasilkan denah hubungan dimana karakter-karakter terpisahkan dalam beberapa komunitas. Penggemar Game of Thrones tentu mengenali setiap komunitas berbasis di lokasi berbeda, sekaligus menyarikan hubungan kekeluargaan dan konflik diantaranya.

Lebih penting lagi, dapat disimpulkan bahwa Tyrion Lannister merupakan kandidat tokoh utama Game of Thrones paling unggul, disusul oleh Jon Snow dan Sansa Stark. Daenerys Targaryen sang Ibu Para Naga dan pewaris sejati Iron Throne juga termasuk karakter penting, tetapi ia terisolasi di benua Essos, jauh dari hiruk pikuk Westeros.

Secara kebetulan, seri buku Game of Thrones yang sudah dirilis paling banyak menuturkan cerita dari sudut pandang (point of view) Tyrion sebanyak 49, walaupun penelitian ini tak memperhitungkan POV karakter. Tahun 2015 lalu pun, George RR Martin telah mengindikasikan lima karakter kunci yang akan terus hidup hingga akhir seri, yang mana Tyrion adalah salah satunya (beserta Arya, Bran, Daenerys, dan Jon).

Apakah ini artinya Tyrion memang sungguh tokoh utama Game of Thrones? Bagaimana pendapat Anda?


Anna Muttaqien

Kontributor sekaligus editor di Sinemapedia. Hobi menulis, membaca, nonton, plus nggosip apa saja yang hubungannya dengan Asia dan Jepang. Mulai suka anime dan manga sejak tahun 90-an, berlanjut sampai sekarang.

Lihat profil selengkapnya






Artikel Lain
Review Film




Berita Popular




Review Pembaca
ivan menulis "."
Di Review Film HIGH & LOW THE MOVIE 3: Final Mission >>
kevin menulis "ini di indo perkiraan masuk kapan ya "
Di Review Film HIGH & LOW THE MOVIE 3: Final Mission >>
Jakli Blythe menulis "katnya bluraynya mau keluar bulan februari lah sekaranh udah maret masih blom kluar juga hadeh"
Di Review Film HIGH & LOW THE MOVIE 2: End Of Sky >>
Dimas yosua cahyo menulis "Gimana yaa cara nonton high & low yg ini,,  saya penasaran sama kelanjutan film nyaa,,  tolong kasih link plis"
Di Review Film HIGH & LOW THE MOVIE 2: End Of Sky >>