Setelah Elsa, Giliran Captain America Diminta Jadi Duta LGBT

Anna Muttaqien View: 1336

Setelah Elsa dari Frozen diminta dijadikan lesbian sebagai duta LGBT dari film-film Disney, kini giliran Marvel diminta sejumlah netizen untuk menjadikan Captain America sebagai superhero gay pertama. Kampanye dengan hashtag #GiveCaptainAmericaABoyfriend pun viral di Twitter.

Captain America sebelumnya menjalin kasih dengan Peggy Carter, tetapi setelah Peggy terbunuh di film terbaru Captain America: Civil War, maka sang superhero berperisai ini diasumsikan "kembali single". Para fans pendukung #GiveCaptainAmericaABoyfriend kemudian mendapuk James Buchanan "Bucky" Barnes untuk menjadi pacar gay Captain America. Alasannya, selain karena kuatnya getar-getar "bromance" diantara kedua karakter Marvel itu, juga karena banyak yang kecewa saat melihat sang kapten langsung "menggaet" keponakan pacarnya yang baru meninggal.



Ide memasangkan Steve Rogers dengan Bucky sebenarnya sudah lama beredar. Di tumblr, misalnya, banyak fanfic dan gambar menyandingkan keduanya dalam hubungan romantis. Joe dan Anthony Russo, sutradara Captain America, pun pernah menyampaikan dalam sebuah wawancara dengan media online Collider bahwa ada kemungkinan besar Marvel akan menampilkan karakter yang mewakili LGBT.

Di sisi lain, banyak juga yang menentang ide #GiveCaptainAmericaABoyfriend. Pasalnya, sudah jelas dari hubungannya dengan Peggy kalau Rogers heteroseksual. Bila memang ingin ada karakter gay, maka lebih baik kalau memasukkan karakter baru saja daripada meng-gay-kan karakter lama.



 

Anna Muttaqien

Kontributor sekaligus editor di Sinemapedia. Hobi menulis, membaca, nonton, plus nggosip apa saja yang hubungannya dengan Asia dan Jepang. Mulai suka anime dan manga sejak tahun 90-an, berlanjut sampai sekarang.

Lihat profil selengkapnya






Berita Lain
Review Film




Artikel Popular