Seondal, Film Xiumin EXO Balapan Dengan Finding Dory Di Box Office Korea

Galuh Mustika View: 1875

Meskipun sudah diputar beberapa minggu di bioskop-bioskop Indonesia, Finding Dory rupanya baru tayang Rabu (6/7) lalu di layar lebar Korea Selatan. Tak beda jauh dengan performanya di Box Office AS, Dory tak kesusahan berenang ke posisi puncak jajaran film terlaris Korea untuk minggu lalu. Namun rupanya, film garapan Andrew Stanton itu mendapat perlawanan sengit dari film lokal yang memasang nama Yoo Seung-ho dan Xiumin EXO dalam jajaran pemain utamanya.

Sama-Sama Unggul

Film dalam negeri yang mampu menyaingi keperkasaan Finding Dory adalah Seondal: The Man Who Sells The River. Kedua film ini menjadi sorotan menarik untuk diperbandingkan karena sama-sama rilis tanggal 6 Juli 2016 di bioskop-bioskop Korea Selatan. Data dari koreanfilm.or.kr menyebutkan bahwa secara mingguan, Finding Dory berhasil unggul, namun Seondal: The Man Who Sells The River meraup lebih banyak pendapatan total setelah 5 hari rilis. Perbedaan ini pun diamini oleh media Variety yang juga memberitakan persaingan kedua film itu.

Hal itu bisa terjadi karena secara mingguan, angka Box Office lebih dihitung dari pendapatan di akhir pekan. Padahal, Seondal: The Man Who Sells River berjaya lebih dulu di 3 hari pertama sebelum akhirnya merosot ke posisi dua pada hari Sabtu dan Minggu. Sementara itu, Dory mencuat ke posisi pertama setelah menyalip Seondal di akhir pekan. Alhasil, perbedaan Box Office kedua film itu menjadi sangat tipis. Seondal: The Man Who Sells The River sementara ini unggul dengan total pendapatan 7.36 juta Dolar AS, sedangkan Finding Dory mengintai tak jauh dibelakangnya dengan angka 7.34 juta USD.

Persaingan ketat film Hollywood dan lokal di bioskop Korea Selatan memang bukan pertama kali ini terjadi. Meski berbeda genre dan produksi, publik Korea tampaknya cenderung tak berlebihan dalam memfavoritkan sinema barat. Contohnya, Finding Dory disebut-sebut mencetak rekor di Korea Selatan selepas mengalahkan Inside Out sebagai film animasi Pixar dengan angka terbesar di hari pembukaan. Namun tetap saja, raihannya masih kalah besar dengan Seondal: The Man Who Sells The River setelah 5 hari diluncurkan. Untuk tahun ini saja, Captain America: Civil War yang menjadi film Hollywood pertama di tahun 2016 dengan raihan 1 milyar Dolar AS harus mengakui kemenangan A Violent Prosecutor di bioskop Korea Selatan.

Seondal Digenjot Promosi

Performa cemerlang Seondal nampaknya tak terlalu mengejutkan, mengingat banyaknya promosi yang dilakukan untuk menarik minat publik. Mulai dari memasang nama Yoo Seung-ho, aktor muda tampan yang banyak dikagumi hingga menggaet bintang EXO yang tengah naik daun, Xiumin, Seondal jelas menawarkan daya tarik tak biasa hingga cukup memicu kehebohan setelah teaser pertamanya muncul. Setelah itu, promo Seondal terus dilanjutkan dengan berbagai cuplikan, pemberitaan di media seperti Seung-ho yang tampil sebagai wanita di salah satu scene, beberapa sesi interview, juga pemotretan eksklusif Seung-ho dan Xiumin yang mengumpulkan banyak kekaguman fans mereka.

Memadukan bintang muda yang tengah tenar dan promosi besar-besaran, tak heran bila Seondal mampu bersaing ketat dengan Finding Dory yang baru-baru ini dilaporkan telah menggulingkan Captain America: Civil War di Box Office AS.

Berikut ini peringkat Box Office Korea Selatan untuk pekan lalu:
1. Finding Dory
2. Seondal: The Man Who Sells The River
3. Familyhood
4. Now You See Me 2
5. The Legend of Tarzan
6. The Conjuring 2
7. Independence Day: Resurgence
8. The Jungle Book
9. The Inerasable
10. 500 Days of Summer

Galuh Mustika

Penggemar film Barat yang doyan nonton segala genre, terutama petualangan dan fantasi. Pengagum karya-karya David Fincher, Christopher Nolan, Guillermo Del Toro, Steven Spielberg, dan Bong Joon-ho. Secara tak terduga juga suka perhatian sama drama dan film Korea. Hasilnya? Still try finding the best of both worlds.

Lihat profil selengkapnya






Berita Lain
Review Film




Artikel Popular