Meski Digempur Godzilla, ONE PIECE FILM GOLD Pecahkan Rekor

Anna Muttaqien View: 2134

Peringkat satu di box office Jepang akhir pekan lalu lagi-lagi diduduki oleh film baru. Godzilla Resurgence meloncat langsung ke puncak tangga meski baru premier tanggal 29 Juli lalu, menjorokkan ONE PIECE FILM GOLD ke peringkat tiga. Meski demikian, film anime ke-13 dari manga populer karya Eiichiro Oda tersebut mencatat rekor sebagai film musim panas dengan perolehan tertinggi paling cepat tahun ini.

Per 31 Juli, ONE PIECE FILM GOLD berhasil menghimpun pendapatan USD23.10 juta berkat penjualan tiket laris manis di 743 bioskop sejak pembukaannya tanggal 23 Juli lalu. Armada Topi Jerami telah melampaui pendapatan FInding Dory yang hanya sanggup meraup sekitar USD21 juta dalam periode 9 hari. Distributornya, TOEI, bahkan memproyeksikan pendapatan ONE PIECE FILM GOLD bisa lebih tinggi dari film One Piece sebelumnya, ONE PIECE FILM Z (2012).

Secara keseluruhan, Box Office Jepang masih didominasi genre animasi, walaupun sang kaijuu legendaris Godzilla kembali menyerbu Tokyo di film terbarunya. Media Jepang memuji teknik sinematografi dan narasi yang digunakan duo sutradara Hideaki Anno dan Shinji Higuchi dalam Godzilla Resurgence, tetapi banyaknya sub-plot, karakter, dan dialog antara para politisi di dalamnya disebut-sebut membingungkan. Brian Ashcraft dari Kotaku pun menyimpulkan bahwa meski ini bukanlah film Godzilla terbaik yang pernah dibuat, tetapi ini juga bukan yang terburuk.

>>>Lihat Trailer Godzilla Resurgence

 

Box Office Jepang Minggu Ke-1 Agustus 2016

Dikutip dari data Eiga.com, berikut daftar lengkap jajaran film di 10 besar box office Jepang minggu ini:

  1. Shin Godzilla (judul internasional Godzilla Resurgence)
  2. Finding Dory
  3. ONE PIECE FILM GOLD
  4. Tarzan: Reborn (judul internasional The Legend of Tarzan)
  5. Pokémon the Movie XY: The Archdjinni of the Rings: Hoopa (judul internasional Pokémon the Movie: Hoopa and the Clash of Ages)
  6. Independence Day: Resurgence
  7. HIGH&LOW THE MOVIE
  8. Alice in Wonderland: Jikan no Tabi (judul internasional Alice Through the Looking Glass)
  9. Soreike! Anpanman Omocha no Hoshi no Nanda to Runda
  10. TOO YOUNG TO DIE!

Dua film yang tersingkir dari 10 besar box office kali ini adalah Lost Vacation (judul internasional The Shallows) yang dibintangi Blake Lively dan film anime Accel World INFINITE∞BURST. Di minggu pertama penayangan pekan lalu, keduanya masing-masing duduk di peringkat 8 dan 9.

Anna Muttaqien

Kontributor sekaligus editor di Sinemapedia. Hobi menulis, membaca, nonton, plus nggosip apa saja yang hubungannya dengan Asia dan Jepang. Mulai suka anime dan manga sejak tahun 90-an, berlanjut sampai sekarang.

Lihat profil selengkapnya






Berita Lain
Review Film




Artikel Popular