Hideaki Anno Siap Garap Film Evangelion Keempat

Anna Muttaqien View: 2846

Pada tanggal 19 Juli, di sebuah interview tentang film Godzilla: Resurgence, sutradara Hideaki Anno dari studio GAINAX mengungkapkan permohonan maafnya akan penundaan pembuatan film keempat dari rangkaian tetralogi film remake Neon Genesis Evangelion, sekaligus bahwa ia sudah siap melanjutkan program tersebut. Para fans yang sudah lama menanti "Evangelion 4.0" pun bisa mulai antusias lagi.

Hideaki Anno

Sebagaimana dikutip oleh Anime News Network, Anno mengatakan, "Pertama-tama, saya ingin memohon maaf. Saya telah membuat Anda menunggu (film) Evangelion baru untuk waktu yang sangat, sangat lama. Saya sungguh mohon maaf... Bagi saya, Evangelion adalah jiwa saya; itu adalah sebuah karya yang mengais setiap bagian jiwa saya. Karya sebelumnya, Evangelion Shin Gekijoban: Q (judul internasional: Evangelion 3.0: You Can (Not) Redo) mengikis saya hingga saya tak mampu membuat apapun lagi."

Salah satu sosok paling bepengaruh di dunia anime Jepang ini pun mengakui bahwa ia merasa "terselamatkan" oleh kesempatan untuk ikut andil dalam pembuatan Godzilla: Resurgence. "Kini", katanya, "Saya merasa sepertinya saya bisa lanjut mengerjakan Evangelion."

>>>Lihat Trailer Godzilla: Resurgence

Neon Genesis Evangelion, atau yang akrab disebut Evangelion (EVA), merupakan franchise yang berawal dari anime televisi arahan Hideaki Anno, diproduksi oleh studio GAINAX dan Tatsunoko Production. Dengan latar belakang Tokyo post-apocalypse, Evangelion berkisah tentang seorang remaja bernama Shinji yang direkrut oleh organisasi rahasia NERV untuk menjadi pilot robot raksasa bernama Evangelion guna bertempur melawan makhluk berjuluk "Angels". Meski sarat dengan konflik psikologis dan "plesetan" simbol-simbol keagamaan, Evangelion sukses menjadi salah satu seri anime paling populer di dunia.

Film remake Evangelion sendiri dirancang sebagai tetralogi dengan menghadirkan beberapa karakter original yang belum pernah muncul sebelumnya. Tiga film pertama, Evangelion 1.0: You Are [Not] Alone, Evangelion 2.0: You Can [Not] Advance, serta Evangelion 3.0: You Can [Not] Redo masing-masing telah dirilis tahun 2007, 2009, dan 2012. Namun, pada Festival Film Internasional Tokyo tahun 2014, Anno mengatakan baru akan kembali menggarap Evangelion setelah melakukan "sesuatu yang berbeda" dan dengan bercanda bercetus bisa jadi akan ada selisih 4-6 tahun antara film ketiga dan keempat.

Dengan pernyataan Anno kali ini, bisa jadi penantian para penggemar Evangelion akan segera berakhir. Memang belum ada tanggal rilis maupun jadwal produksi pasti yang diumumkan, tetapi setidaknya judul dan konsep sudah ada. Judul film Evangelion keempat dulu telah diberitahukan sebagai Evangelion Shin Gekijouban: ||, atau titel internasionalnya Evangelion 3.0+1.0, walaupun fans sering juga menyebutnya sebagai "Evangelion 4.0". Simbol ":||" kabarnya diambil dari simbol yang digunakan dalam musik untuk menandai pengulangan setelah mencapai akhir.

Anna Muttaqien

Kontributor sekaligus editor di Sinemapedia. Hobi menulis, membaca, nonton, plus nggosip apa saja yang hubungannya dengan Asia dan Jepang. Mulai suka anime dan manga sejak tahun 90-an, berlanjut sampai sekarang.

Lihat profil selengkapnya






Berita Lain
Review Film




Artikel Popular