Dituduh Plagiat, Drama Baru Lee Min-ho Justru Puncaki Rating Teratas

Galuh Mustika View: 2312

Setelah lama menghebohkan media Korea Selatan, drama The Legend of the Blue Sea akhirnya tayang juga. Namun sayang, antisipasi tinggi yang dilambungkan oleh ketenaran nama para pemainnya, tampak tak terbayarkan dengan kualitas yang memadai. Sejak episode pertama, drama baru Lee Min-ho itu sudah mendapat banyak kritikan dan disorot karena unsur plagiarisme. Seperti apa cerita lengkapnya?

Dari Sherlock Hingga Splash

Tuduhan penjiplakan ramai beredar setelah di episode-episode awal, penonton mendapati banyak kemiripan adegan-adegan dalam The Legend of the Blue Sea dengan serial TV dan film barat terkenal. Contohnya saja, ada bagian dari episode pertama yang ditampilkan sangat mirip dengan beberapa adegan khas Sherlock:

The Legend of the Blue Sea Jiplak Sherlock

Selain itu, unsur-unsur cerita yang nampak di sepanjang drama The Legend of the Blue Sea sangat persis dengan plot film Splash.

Flashback ke masa lalu

The Legend of the Blue Sea Jiplak Splash 1


Adegan tokoh utama pria menolong tokoh wanita di kantor polisi

The Legend of the Blue Sea Jiplak Splash 2

Karakter putri duyung menyantap makanan manusia dengan sangat lahap

The Legend of the Blue Sea Jiplak Splash 3


Kemiripan adegan dan unsur cerita yang berulang-ulang tak pelak membuat banyak penonton kecewa. Menyusul skandal ini, penulis Park Ji-eun pun menjadi target "bullying" netizen yang menuduh karyanya tak orisinal.

Lebih dari sekedar kontroversi plagiarisme, The Legend of the Blue Sea juga banyak dikritik karena alur cerita yang terlalu tipikal dan kekanak-kanakan. Beberapa respon pemirsa bahkan terang-terangan mengaku hanya menonton drama ini untuk melihat wajah-wajah rupawan para pemainnya.

Rating The Legend of the Blue Sea Terus Meroket

Meski diterpa berbagai berita tak sedap, rating drama bergenre romantis fantasi ini terus melesat. Bahkan sejak di episode pertama, The Legend of the Blue Sea sudah tembus 16%, mengalahkan acara-acara pesaingnya, drama KBS Oh My Geum Bi dan Weightlifting Fairy Kim Bok Joo dari stasiun TV MBC.

Dianggap kurang menjanjikan di episode pertama, banyak penonton memprediksikan rating drama ini akan turun. Namun hingga episode ke-4, The Legend of the Blue Sea masih menjadi juara di slot penyangan Rabu/Kamis. Rating drama itupun kini sudah meraih angka 17.1%.

Dengan pencapaian rating yang tampak mengabaikan tuduhan plagiarisme, bisa dibilang, ketertarikan penonton terhadap wajah kece Lee Min-ho dan Jun Ji-hyun masih sanggup mengalahkan kecacatan kualitas. Sekarang pertanyaannya, sejauh mana daya tarik visual itu mampu mempertahankan kesetiaan penonton?

Dalam kasus drama-drama Korea kebanyakan, plot cerita yang semakin tak menarik biasanya akan membuat pemirsa kehilangan motivasi untuk terus menontonnya. Apakah kondisi itu juga akan berlaku untuk The Legend of the Blue Sea?

Galuh Mustika

Penggemar film Barat yang doyan nonton segala genre, terutama petualangan dan fantasi. Pengagum karya-karya David Fincher, Christopher Nolan, Guillermo Del Toro, Steven Spielberg, dan Bong Joon-ho. Secara tak terduga juga suka perhatian sama drama dan film Korea. Hasilnya? Still try finding the best of both worlds.

Lihat profil selengkapnya






Berita Lain
Review Film




Artikel Popular