Ben Affleck Batal Sutradarai Film Batman, Ini Sebabnya

Galuh Mustika View: 1545

Film solo Batman dalam DCEU (DC Extended Universe) memang masih sangat lama, tapi berbagai rumor terkait proyek itu sudah ramai bermunculan di awal tahun 2017 ini. Salah satu pemicu yang menimbulkan kehebohan adalah kabar mundurnya Ben Affleck dari kursi sutradara.

Aktor yang memerankan figur Sang Ksatria Kegelapan itu memang diyakini bakal merangkap sebagai sutradara film Batman, terutama setelah Zack Snyder sendiri diketahui telah memintanya secara langsung. Lantas, apa yang menjadi penyebab mundurnya Affleck dari posisi sutradara?


Ingin Fokus Akting

Dilansir dari Variety, Ben Affleck mengaku sangat menghargai karakter Batman yang sangat diperankannya, sehingga ingin mendedikasikan seluruh fokusnya untuk memainkan peran tersebut.

"Ada tokoh-tokoh tertentu yang dianggap spesial bagi jutaan orang. Memainkan tokoh seperti itu tentu saja menuntut fokus, passion, dan performa terbaik yang bisa saya berikan. Jelaslah bahwa saya tidak bisa menyeimbangkan dua posisi (aktor dan sutradara) tersebut pada level yang seharusnya. Dengan persetujuan studio, saya telah memutuskan untuk mencari sutradara lain yang bisa diajak berkolaborasi dalam pembuatan film besar ini.." demikian ungkapnya.

Ben Affleck dan SnyderBen Affleck saat mendapat pengarahan dari sutradara Zack Snyder

Aktor yang juga dikenal sebagai sahabat Matt Damon itu tak lupa menekankan bahwa ia masih terlibat dalam proyek film Batman, dan sangat berkomitmen untuk mewujudkan perilisannya.


Diduga Terkait Kegagalan Live by Night

Meski sudah ada pernyataan resmi, media perfilman masih kencang berspekulasi seputar motivasi Ben Affleck yang sebenarnya. Isu yang paling mendapat sorotan adalah kekecewaan Affleck dan Warner Bros. terhadap performa buruk Live by Night.

Film crime action yang rilis Januari itu memang sangat didominasi oleh Ben Affleck. Selain berpartisipasi sebagai aktor utama, kakak kandung Casey Affleck tersebut juga menyutradarai, menulis naskah, dan memproduseri Live By Night.

Sayangnya, film yang juga diproduseri Leonardo DiCaprio itu mencapai hasil di bawah ekspektasi. Baik dari segi kritik maupun Box Office, Live by Night gagal bersinar dan kalah bersaing dengan Rogue One: A Star Wars Story. Seakan tak ingin mengulangi kesalahan yang sama, baik Affleck maupun Warner Bros. akhirnya sama-sama enggan melangsungkan rencana awal mereka untuk film Batman.


>>>Busana artis seringkali menjadi panutan mode yang inspiratif. Telusuri seperti apa saja model pakaian aktor Hollywood seperti Ben Affleck di sini.


Konsekuensi Pengunduran Diri Ben Affleck

Tak cukup 'dikecewakan' oleh keputusan Ben Affleck, film Batman pertama dalam seri DCEU kembali menerima kabar buruk. Kali ini, perintah Warner Bros. untuk menulis ulang skrip film menjadi biang utamanya.

Sebelum mengundurkan diri dari jabatan sutradara, Ben Affleck sebenarnya juga berpartisipasi dalam proses penulisan naskah film Batman. Ia bekerja sama dengan Geoff Johns, produser eksekutif Batman v Superman: Dawn of Justice. Namun sebagai respon pengunduran diri Ben Affleck, Warner Bros. membawa Chris Terrio yang ditugaskan untuk menulis ulang naskah film Batman sedari awal. Ini artinya, progres sinema tersebut praktis kembali ke titik nol. Dengan perubahan-perubahan besar yang terjadi, akankah film Batman ini selesai dibuat tepat waktu?

Sesuai dengan rencana awal DCEU, film tersebut memang masih mengantri di urutan akhir dalam daftar film superhero DC setelah Batman v Superman. Namun apabila terus diterpa berita buruk, bisa jadi jadwal rilis sinema itu semakin molor.

Situasi ini tentunya tak akan berimbas positif pada nasib Batman di DCEU. Saat ini saja, banyak media sudah membanding-bandingkan Batman versi Snyder dengan Batman Lego. Hal itu cukup ironis, mengingat film animasi yang menyambung kesuksesan The Lego Movie (2014) itu sebetulnya dirilis untuk kepentingan parodi saja.


Galuh Mustika

Penggemar film Barat yang doyan nonton segala genre, terutama petualangan dan fantasi. Pengagum karya-karya David Fincher, Christopher Nolan, Guillermo Del Toro, Steven Spielberg, dan Bong Joon-ho. Secara tak terduga juga suka perhatian sama drama dan film Korea. Hasilnya? Still try finding the best of both worlds.

Lihat profil selengkapnya






Berita Lain
Review Film




Artikel Popular