7 Soundtrack Film Ini Lebih Populer Dari Filmnya

Nadia Sabila View: 22583

Soundtrack alias lagu pendukung sebuah film memang terkadang sulit dilepaskan. Sebagian film terkadang dipromosikan melalui lagu-lagu original soundtracknya yang lebih dulu diturunkan ke pasaran. Tetapi, ada juga soundtrack yang kepopulerannya akhirnya melebihi filmnya sendiri, bahkan hingga membuat orang nyeletuk "Lho, ternyata itu soundtrack film?" Nah, berikut ini adalah tujuh daftar soundtrack film barat yang terasa lebih populer ketimbang film-nya sendiri.


1. Ellie Goulding - Love Me Like You Do (Ost. Fifty Shades of Grey)

Lagu Love Me Like You yang dinyanyikan oleh Ellie Goulding sukses menggondol penghargaan Grammy Award untuk kategori Best Pop Solo Performance tahun 2015. Sementara film Fifty Shades of Grey juga membawa pulang "piala penghargaan", sayangnya penghargaan yang didapat adalah Razzie yang merupakan "penghargaan" untuk film-film yang termasuk sebagai karya gagal dan menuai banyak kritikan pedas.


2. Adam Levine - Lost Stars (Ost. Begin Again)

Lagu Lost Stars yang kalem ini sukses masuk sebagai nominasi dua penghargaan pada tahun 2014 yakni Academy Award untuk Best Original Song dan Critics' Choice Movie Award untuk Best Song, dinyanyikan langsung oleh Adam Levine, vokalis Maroon Five. Meskipun terbilang tidak terlalu gagal, karena ratingnya yang cukup tinggi dan akting para pemain utamanya yang cukup mendukung (khususnya Kiera Knightley dan Mark Rufalo) Begin Again yang dirilis tahun 2013 merupakan film dengan lagu tersebut sebagai salah satu soundtrack andalannya, tak mampu menembus box office dan masih lebih kalah pamor dibandingkan dengan lagu Lost Stars.


3. The Cardigans - Love Fool (Ost. Romeo Juliet)

"Love me, love me, say that you love me..." bagian reffrain dari Love Fool yang dibawakan oleh The Cardigans tersebut terasa mudah diingat dan easy-listening. Tak banyak yang tahu ternyata lagu tersebut adalah original soundtrack dari film yang dibintangi oleh Leonardo Di Caprio dan Claire Danes pada tahun 1996, Romeo + Juliet. Film yang diadaptasi dari penulis legendaris Inggris William Shakepeare ini sebetulnya tidak terlalu tidak dikenal.

Claire Danes, sang pemeran Juliet, bahkan meraih Best Female Performance di MTV Movie Award berkat film ini, namun tampaknya, para penikmat film versi IMDB tidak begitu puas dengan Romeo+Juliet, namun lagu Love Fool ini justru memborong berbagai penghargaan sebagai lagu-lagu terbaik.


4. Seal - Kiss From A Rose (Soundtrack Batman Forever)

Lantunan Kiss From A Rose dari Seal ini banyak disukai oleh penggemar saat dirilis pada tahun 1995. Meski menyukai lagu pop bermelodi lembut ini, tak begitu banyak yang tahu bahwa Kiss From A Rose adalah soundtrack dari film Batman Forever yang diproduksi pada tahun yang sama. Lagu ini memuncaki tangga lagu Australia selama satu tahun berturut-turut dan meraih grammy.

batman

Sedikit berbeda dengan daftar lagu-lagu sebelumnya, lagu ini semakin terkenal setelah menjadi soundtrack bagian kredit film Batman. Sehingga orang lupa dan bahkan tidak tahu kalau lagu yang dibawakan oleh Seal ini adalah soundtrack. Pada waktu itu, orang-orang yang biasa meninggalkan bangku penonton setelah film selesai, justru rela tetap tinggal di bangku mereka karena lagu pengiring kredit nama-nama pemain film sangat enak didengar di telinga mereka.


5. Aerosmith - I Don't Want to Miss A Thing (Ost. Armageddon)

Film Armageddon yang dibintangi oleh Ben Affleck dan Liv Tyler yang booming pada tahun 1998 ternyata menuai kritik pedas meski memenangi MTV Movie Award untuk kategori Best Action Sequence. Rating di Rotten Tomatoes bahkan hanya mencapai 3% saja. Sebaliknya, salah satu soundtracknya yakni I Don't Want to Miss A Thing yang bergenre pop rock justru lebih naik pamor dan banyak disukai dan melegenda. Sejumlah film lain pun memasukkan lagu ini sebagai soundtrack, salah satunya adalah film komedi yang dibintangi oleh Cameron Diaz, The Sweetest Thing pada tahun 2010.


6. Goo Goo Dolls - Iris (Ost. City of Angels)

Film City of Angels yang dibintangi oleh Nicolas Cage pada tahun 1998 memang tidak masuk nominasi di Academy Award, tetapi banyak meraih penghargaan perfilman lainnya. Namun, seiring berjalannya waktu, film itu mulai dilupakan tapi salah satu OST-nya yakni Iris karya Goo Goo Dolls terus dinyanyiakn hingga sekarang dan di remake dalam berbagi versi. Ronan Keating menyanyikan kembali lagu Iris pada tahun 2006 disusul kemudian The Wanted pada tahun 2013.


7. The Verve - Bitter Sweet Symphony (Soundtrack Cruel Intentions)

Tak banyak yang mengetahui siapa yang menciptakan bahkan apa judul lagu ini sebelum mendengarkannya sendiri secara langsung, padahal lagu Bitter Sweet Symphony yang dipopulerkan oleh The Verve ini masih sering digunakan sebagai lagu pengiring berbagai macam iklan ataupun film sampai sekarang meskipun dirilis 19 tahun yang lalu, yakni pada tahun 1997. Lagu ini masuk nominasi di berbagai penghargaan salah satunya adalah MTV Music Award pada tahun 1998. Sayangnya, film seri AS yang dibintangi oleh Sarah Michelle Gelar, Cruel Intentions, tak ikut terangkat kepopulerannya meski memasukkan lagu ini sebagai salah satu soundtracknya.

Nadia Sabila

Mantan anggota teater di kampus dan suka menonton film animasi Barat, drama, komedi, dan sci-fi. Meski bertampang sangar, ia kurang berminat pada film yang banyak mengandung adegan-adegan mengagetkan dan sadis. Kadang suka salah fokus lebih memperhatikan soundtrack-nya daripada film-nya.

Lihat profil selengkapnya






Artikel Lain
Review Film




Berita Popular




Review Pembaca
ivan menulis "."
Di Review Film HIGH & LOW THE MOVIE 3: Final Mission >>
kevin menulis "ini di indo perkiraan masuk kapan ya "
Di Review Film HIGH & LOW THE MOVIE 3: Final Mission >>
Jakli Blythe menulis "katnya bluraynya mau keluar bulan februari lah sekaranh udah maret masih blom kluar juga hadeh"
Di Review Film HIGH & LOW THE MOVIE 2: End Of Sky >>
Dimas yosua cahyo menulis "Gimana yaa cara nonton high & low yg ini,,  saya penasaran sama kelanjutan film nyaa,,  tolong kasih link plis"
Di Review Film HIGH & LOW THE MOVIE 2: End Of Sky >>