15 Film Tentang Anjing Paling Legendaris

Anna Muttaqien View: 19057

Anjing kerap disebut sebagai sahabat manusia. Selayaknya, tak sedikit film tentang anjing dibuat untuk menuturkan tentang loyalitas, persahabatan, dan perjuangannya. Tak hanya patut diteladani, film - film tentang anjing berikut ini merupakan tontonan yang selalu menghibur bagi semua usia.

 

1. Lady And The Tramp (1955)

Biarpun dibintangi oleh dua ekor anjing, tetapi film Lady and The Tramp termasuk salah satu film romantis Disney paling sukses di box office. Kisah percintaan anjing "kelas atas" dengan "anjing gelandangan" ini dipuji kritikus dan hingga kini telah berkali-kali masuk nominasi film terbaik sepanjang masa versi American Film Institute.

Lady And The Tramp

 

2. Old Yeller (1957)

Old Yeller boleh jadi termasuk film amat kuno, tetapi pelajaran yang diberikannya tak kenal masa. Dengan setting tahun 1800an di Texas, Amerika Serikat, Old Yeller menceritakan tentang seekor anjing campuran Labrador Retriever/Mastiff bernama Spike. Spike awalnya ditemukan oleh seorang anak bernama Travis yang tak menyukai anjing. Perlahan Travis mulai menyayangi Spike, tetapi penyakit rabies merebak di kawasan tempat tinggal mereka, sehingga mengantarkan film pada ending yang mengharu biru.

 

3. All Dogs Go To Heaven (1989)

Film animasi klasik All Dogs Go To Heaven menceritakan tentang seekor anjing German Shepherd bernama Charlie B. Barkin yang dibunuh oleh mantan kawannya sendiri, Carface. Charlie merelakan tempatnya di surga untuk kembali ke bumi, dimana ia bersama sahabatnya Itchy Itchiford menyelamatkan seorang gadis yang ditawan oleh Carface.

 

4. Hachi: A Dog's Tale (2009)

Film tentang anjing Akita bernama Hachiko keluaran Hollywood tahun 2009 merupakan remake dari film Jepang berjudul Hachiko Monogatari yang diangkat dari kisah nyata kesetiaan tak berujung seekor anjing pada tuannya. Kisah mengharukan yang dibintangi pula oleh aktor senior Richard Gere ini dijamin membuat penonton mengucurkan air mata.

Hachiko

 

5. Lassie

Karakter anjing kesayangan seluruh dunia, Lassie, sudah selusin kali diboyong ke layar lebar. Mulai dari Lassie Come Home (1943) hingga Lassie (2005). Setiap film-nya disambut baik oleh kritikus maupun box office dengan perolehan jutaan dolar dan rating rata-rata di Rotten Tomatoes sebesar 91%.

Tak hanya itu, petualangan Lassie juga muncul dalam puluhan buku dan banyak serial televisi, termasuk yang terbaru dalam bentuk seri animasi berjudul The New Adventures of Lassie (2014).

 

6. Beethoven

Meski masih kalah populer dibanding Lassie, anjing jenis St. Bernard yang dinamai sama dengan komposer musik tenar ini sudah berkali-kali di-film-kan, dibuat sekuel, dan dikembangkan menjadi beberapa spin-off. Film pertamanya yang dirilis tahun 1992 boleh jadi kelihatan agak kuno kalau ditonton sekarang, tetapi sudah ada beberapa film video yang dikeluarkan beberapa tahun belakangan, dengan judul terbaru Beethoven's Treasure Trail (2014).

 

7. Balto (1995)

Satu lagi film tentang anjing yang merekam petualangannya untuk menyelamatkan manusia. Terinspirasi dari kisah nyata anjing bernama sama yang turut menyelamatkan anak-anak dari epidemi difteri di Alaska, Balto meluncur ke layar lebar sebagai film animasi/live action pada tahun 1995. Buah karya rumah produksi milik sineas kenamaan Steven Spielberg ini dianggap sebagai film yang kelewat kekanak-kanakan, sehingga tak begitu sukses saat pertama kali rilis, tetapi penjualan video-nya sangat tinggi hingga dibuat dua film sekuel dalam format video.

 

8. 101 Dalmatians (1996)

Siapa yang belum pernah menonton film komedi keluarga 101 Dalmatians? Film tentang anjing - anjing mungil melawan Cruella De Vil ini disukai oleh semua kalangan. Aslinya diadaptasi dari novel anak-anak berjudul "The Hundred And One Dalmatians" karya Dodie Smith, tetapi kesuksesan film 101 Dalmatians membuatnya diolah menjadi video game dan sebuah sekuel film lagi berjudul 102 Dalmatians (2000). Kini, Disney kabarnya tengah membuat sebuah film spin-off-nya berjudul Cruella yang akan dibintangi oleh Emma Stone.

Cruella De Vil - 101 Dalmatians

 

9. Air Bud

Dibintangi oleh seekor anjing berjenis Golden Retriever bernama Buddy yang mahir berolahraga, film Air Bud sukses di seluruh dunia ketika pertama kali debut di tahun 1997. Meskipun karakter aslinya telah meninggal akibat kanker di tahun 1998, tetapi setelah itu Air Bud telah dibuat banyak sekali sekuel dan spin-off, termasuk yang terakhir Air Bud Spikes Back (2003).

 

10. Benji

Benji yang pertama kali di-film-kan tahun 1974 menceritakan tentang seekor anjing gelandangan yang bersahabat dekat dengan manusia. Mirip dengan Lassie, Benji menuturkan perjuangan seekor anjing untuk berkomunikasi dengan manusia guna menyelamatkan anak-anak yang berada dalam bahaya. Kisahnya sudah beberapa kali di-daur-ulang, termasuk yang terakhir dengan judul Benji: Off The Leash! (2004).

 

11. Underdog (2007)

Tokoh superhero anthromorphic Underdog awalnya debut dalam seri animasi televisi (1964), tetapi kemudian berkembang menjadi buku, komik, drama radio, dan film layar lebar. Dirilis oleh Disney pada tahun 2007, bisa ditebak kalau film Underdog langsung melejit di box office. Kritikus menganggapnya kurang bagus, tetapi penonton sepertinya menyukai tayangan menghibur satu ini.

Underdog

 

12. Bolt (2008)

Diramaikan oleh John Travolta dan Miley Cyrus, film buatan Disney ini menceritakan tentang seekor anjing yang membintangi acara televisi dan meyakini bahwa kekuatan yang dimiliki oleh karakternya adalah nyata. Ketika sahabatnya diculik, ia pun beraksi untuk menyelamatkan...dan saat itulah ia mengetahui kekuatannya yang sesungguhnya.

 

13. Cats & Dogs (2001)

Apa yang dilakukan oleh hewan peliharaan kita ketika tidak berada di luar pengawasan? bisa jadi, mereka berprofesi mata-mata dan terlibat persaingan spionase Anjing versus Kucing seperti dalam film Cats & Dogs. Film keluarga ini disambut dingin oleh kritikus, tetapi jadi box office dan bahkan dibuat sekuel-nya Cats & Dogs: The Revenge of Kitty Galore (2010).

 

14. Snoopy and Charlie Brown: The Peanuts Movie (2015)

Snoopy asalnya hanyalah seekor anjing jenis beagle milik karakter Charlie Brown dalam komik Peanuts karya Charles M. Schulz. Akan tetapi, popularitasnya meroket hingga melampaui sang majikan, termasuk di film terbarunya Snoopy and Charlie Brown: The Peanuts Movie. Buah karya apik Blue Sky Studios dan 20th Century Fox ini bukan cuma menjadi film menghibur, melainkan juga menghadirkan visual yang telah meraih penghargaan Golden Globe sebagai Best Animated Feature Film pada tahun 2016.

 

15. Scooby Doo

Bicara soal film tentang anjing, tentu tak bisa tidak menyebutkan Scooby Doo, anjing pengecut yang sialnya menjadi tokoh film horor misteri. Sudah tak terhitung lagi film animasi maupun seri televisi menghadirkan sosok Scooby Doo dan empat rekan seperjuangannya. Tiga film live action-nya pun sukses besar, sehingga Warner Bros mengumumkan akan memproduksi satu lagi dengan judul S.C.O.O.B untuk premier tanggal 21 September 2018.

Anna Muttaqien

Kontributor sekaligus editor di Sinemapedia. Hobi menulis, membaca, nonton, plus nggosip apa saja yang hubungannya dengan Asia dan Jepang. Mulai suka anime dan manga sejak tahun 90-an, berlanjut sampai sekarang.

Lihat profil selengkapnya






Artikel Lain
Review Film




Berita Popular




Review Pembaca
ivan menulis "."
Di Review Film HIGH & LOW THE MOVIE 3: Final Mission >>
kevin menulis "ini di indo perkiraan masuk kapan ya "
Di Review Film HIGH & LOW THE MOVIE 3: Final Mission >>
Jakli Blythe menulis "katnya bluraynya mau keluar bulan februari lah sekaranh udah maret masih blom kluar juga hadeh"
Di Review Film HIGH & LOW THE MOVIE 2: End Of Sky >>
Dimas yosua cahyo menulis "Gimana yaa cara nonton high & low yg ini,,  saya penasaran sama kelanjutan film nyaa,,  tolong kasih link plis"
Di Review Film HIGH & LOW THE MOVIE 2: End Of Sky >>