10 Film Indonesia Masuk Ajang Festival Film ASEAN

Anna Muttaqien View: 1207

ASEAN International Film Festival & Awards (AIFFA), sebuah ajang festival dan penghargaan film bergengsi tingkat Asia Tenggara, akan digelar kembali pada 4-6 Mei 2017 di Kuching, Sarawak, Malaysia. Diantara film-film terbaik yang terdaftar untuk bersaing di sini ada 10 film Indonesia.

Bisakah Anda menebak film mana saja itu? Jika merunut balik film-film Indonesia yang nampang di ajang-ajang perfilman dunia sepanjang tahun 2016, Anda boleh jadi menemukan beberapa judul familiar.

Kesepuluh film top itu adalah Salawaku, Ziarah, Turah, Surat dari Praha, Jingga, Super Didi, Sunya, Ada Apa Dengan Cinta 2, Istirahatlah Kata-kata, dan Athirah. Namun, pendaftaran untuk kompetisi AIFFA masih dibuka hingga 14 Maret mendatang, sehingga bisa ada lebih banyak lagi yang maju. Kesempatan dibuka untuk film indie maupun komersil yang mengangkat tema seputar permasalahan negara dunia ketiga.

Menurut Direktur AIFFA, Livan Tajang, sebagaimana dikutip oleh CNNIndonesia, kesepuluh film Indonesia yang sudah dipastikan masuk AIFFA tersebut bakal menghadapi 38 film asal Filipina dan 40 film asal Thailand.

Pertama kali dihelat pada 2013, AIFFA menghadirkan rangkaian acara berkaitan dengan film yang diadakan selama beberapa pekan. Untuk tahun 2017 ini, rangkaian acaranya sudah dimulai sejak 16 Februari dengan agenda talkshow, promosi, penayangan film, dan lain sebagainya, dengan momen puncak berupa penganugerahan penghargaan perfilman akan dilakukan pada bulan Mei.


Anna Muttaqien

Kontributor sekaligus editor di Sinemapedia. Hobi menulis, membaca, nonton, plus nggosip apa saja yang hubungannya dengan Asia dan Jepang. Mulai suka anime dan manga sejak tahun 90-an, berlanjut sampai sekarang.

Lihat profil selengkapnya






Berita Lain
Review Film




Artikel Popular