10 Drama Korea Paling Dinantikan Di Sisa Tahun Ini

Galuh Mustika View: 9129

Tahun 2016 tampaknya bakal kembali dipenuhi berbagai drama Korea menarik. Setelah diramaikan dengan fenomena Descendants of the Sun, Cheese in the Trap, Signal, dan Reply 1988 di awal tahun, masih ada seabrek drama potensial menanti di semester 2 tahun ini. Tak main-main, beberapa drama paling ditunggu-tunggu itu melibatkan nama bintang-bintang besar sekelas Lee Min-ho, Park Sin-hye, Jun Ji-hyun, Lee Jong-suk, hingga beberapa anggota boyband seperti Taecyeon 2PM dan Baekhyun EXO.

Penasaran seperti apa drama-drama Korea yang dimaksud? Ini dia daftar 10 drama paling diantisipasi di paruh kedua 2016:

1. Doctors (20 Juni 2016)

Sesuai judulnya, drama bertema medis ini akan mengangkat kisah sang karakter utama yang berprofesi sebagai dokter. Adalah Yoo Hye-jeong, gadis berandalan yang sebenarnya hidup menderita dan memiliki banyak luka lama. Meski pada awalnya tertutup, Ia perlahan-lahan berubah setelah bertemu Hong Ji-hong, seorang mentor yang kemudian menuntunnya hingga ia berhasil menjadi seorang dokter.

doctors park shin hye
Sebelum Doctors, dunia pertelevisian Korea sebenarnya sudah cukup sering dipenuhi drama-drama bertema serupa. Ada yang sukses, namun ada pula yang berakhir gagal. Sebut saja Good Doctor (2013), Emergency Couple (2014), dan Yong Pal (2015) yang berhasil diterima baik oleh pemirsa TV Korea Selatan. Namun beberapa lainnya, seperti Medical Top Team (2013) dan Blood (2015) justru meraih hasil sebaliknya. Terlepas dari semua kemungkinan tersebut, Doctors tetap ditunggu-tunggu karena bakal memasangkan Park Shin-hye (You're Beautiful, The Heirs, Pinocchio) dan aktor veteran Kim Rae-won (My Love Patzzi, Love Story in Harvard, Punch).

2. Uncontrollably Fond (6 Juli 2016)

Dilihat dari nama pasangan utamanya, drama ini sudah memancing banyak perhatian media bahkan sejak awal tahun lalu. Wajar saja, dua pemain utama drama ini adalah Suzy Miss A (Dream High, Gu Family Book) dan Kim Woo-bin, aktor muda yang beberapa tahun belakangan ini mencuri banyak perhatian fans dengan kharismanya di berbagai drama kenamaan (A Gentleman's Dignity, School 2013, The Heirs).

uncontrollably fond
Uncontrollaby Fond sendiri bercerita tentang sepasang kekasih yang terpisahkan, namun kemudian bertemu kembali di saat keduanya sudah membangun karir di dunia entertainment. Kim Woo-bin akan berperan sebagai Shin Joon-young si artis populer, sementara Suzy memainkan karakter No-eul, seorang produser acara dokumenter. Beberapa teaser foto dan trailer menjelang rilis drama ini cukup menghebohkan netizen, sebagian disebabkan oleh kekuatan visual Suzy dan Woo-bin yang disebut-sebut tampak "serasi".

3. Let's Fight Ghost (11 Juli 2016)

Drama satu ini bergenre fantasi dan seperti namanya, akan memuat unsur supranatural. Taecyeon 2PM akan dipasangkan dengan Kim So-hyun yang berperan sebagai hantu. Meski berstatus sebagai member boygroup 2PM, Taecyeon sudah sering membintangi drama TV seperti Cinderella's Sister (2010), Dream High (2011), dan Assembly (2015) sejak beberapa tahun silam. Sementara itu, So-hyun lebih dikenal sebagai aktris cilik yang kini tumbuh sebagai salah satu bintang paling menjanjikan, terutama sejak beberapa dramanya (Moon Embracing the Sun, Rooftop Prince, I Can Hear Your Voice) berhasil mencetak rating tinggi.

lets fight ghost
Berkisah tentang petualangan seorang paranormal dan arwah penasaran, Let's Fight Ghost sebenarnya merupakan adaptasi dari webtoon berjudul sama. Drama yang dijadwalkan bakal menjadi pengganti Another Oh Hae-young ini akan disiarkan di channel TV kabel tvN.

4. W (20 Juli 2016)

Judul boleh singkat, tapi premise drama ini nyatanya sudah menjadi bahan pembicaraan sejak akhir 2015 lalu. Mengedepankan nama Lee Jong-suk (School 2013, I Can Hear Your Voice, Pinocchio) dan Han Hyo-joo (Brilliant Legacy, Dong Yi), W berkisah tentang romansa yang terjalin di dimensi dunia berbeda. Bertemakan fantasi, belum banyak informasi terkait jalan cerita drama ini. Namun demikian, antisipasi pemirsa terhadap drama ini tetap tinggi, apalagi melihat jajaran pemain top di atas akan berkolaborasi dengan penulis Song Jae-jung (Queen In-hyun's Man, Nine).

w drama korea
W sedikit menuai kontroversi setelah mengumumkan nama pemain wanita, terutama karena Han Hyo-joo yang belum pernah tampil di layar TV sejak terlibat skandal. Apalagi, image Lee Jong-suk juga tercoreng pasca ia ketahuan bersikap tidak sopan terhadap fans di bandara. Meski begitu, kepercayaan publik terhadap drama ini tetap tinggi, salah satunya karena Jong-suk sendiri dikenal sebagai aktor yang tak pernah salah ambil drama. Proyek terakhirnya, Pinocchio (2015) tetap sukses luar biasa meski dirilis setelah skandal terkait attitude-nya merebak.

5. Love in the Moonlight (15 Agustus 2016)

Terinspirasi dari sebuah web novel kenamaan, Love in the Moonlight mengunggulkan Park Bo-gum (Cantabile Tomorrow, Reply 1988) dan Kim Yoo-jung (Dong Yi, Moon Embracing the Sun) sebagai pemain-pemain utama. Anggota boygroup B1A4, Jinyoung, sudah dipastikan bakal bergabung sebagai salah satu karakter utama bersama dua bintang tersebut. Drama sejarah ini bersetting di era Joseon, menceritakan tentang seorang wanita yang menyamar jadi konsultan jodoh dan secara tak sengaja menarik perhatian sang putra mahkota kerajaan.

love in the moonlight
Love in the Moonlight direncanakan tayang di KBS dalam format 20 episode. Hingga menjelang satu bulan sebelum penayangan episode perdana, drama ini masih disebut dengan judul web novelnya, Moonlight Drawn by Clouds. Berbagai video dan foto-foto teaser yang beredar terus memicu rasa penasaran netizen, membuat drama ini menjadi salah satu serial televisi paling dinanti di Korea Selatan.

6. Scarlet Heart: Ryeo (29 Agustus 2016)

Satu lagi drama sejarah yang akan meramaikan musim panas tahun ini adalah Scarlet Heart: Ryeo. Drama Korea ini diadaptasi dari web novel China berjudul "Bu Bu Jing Xin" karangan Tong Hua. Sama-sama tayang di stasiun TV SBS, Scarlet Heart: Ryeo direncanakan bakal meneruskan Doctors setelah serial tersebut tamat di akhir Agustus. Drama ini mendapat banyak publikasi bahkan sejak awal perencanaannya, mengingat jajaran pemainnya dihuni oleh berbagai artis tenar seperti penyanyi IU, aktor Lee Jun-ki, Kang Ha-neul, Hong Jong-hyun, dan Baekhyun EXO.

scarlet heart ryeo
Tak hanya kumpulan bintang di atas, drama ini juga sudah dilengkapi extended cast yang terdiri dari Seohyun SNSD, Sung Dong-il, dan Kang Han-na. Hampir serupa dengan kasus Han Hyo-joo pada drama W di atas, pemberitaan Scarlet Heart: Ryeo ternyata sempat diwarnai komentar-komentar tak mengenakkan karena ini akan menjadi drama pertama IU setelah ia terlibat skandal di tahun sebelumnya.

7. Jealousy Incarnate (Agustus 2016)

Dibintangi ratunya romcom Korea, Gong Hyo-jin, Jealousy Incarnate mengusung tema persaingan dalam dunia broadcasting. Hyo-jin akan berperan sebagai Pyo Na-ri, penyiar cuaca di sebuah stasiun televisi yang bersaing dengan Lee Hwa-shin, seorang pembawa acara berita. Jo Jung-suk yang baru-baru ini berhasil menggaet perhatian publik lewat drama Oh My Ghostess (2015) dan film Time Renegades (2016) dipercaya memerankan sosok Hwa-shin.

incarnation of jealousy
Tak cuma bermodalkan nama pemain, Jealousy Incarnate juga ditunggu-tunggu karena ceritanya akan ditulis Seo Sook-hyang, salah satu tokoh dibalik kesuksesan Pasta (2010). Belum ada kepastian terkait tanggal rilis Jealousy Incarnate, namun drama Korea ini diperkirakan bakal beredar mulai Agustus ini di stasiun TV KBS.

8. The Legend of the Blue Sea (November 2016)

Pasangan Park Shin-Hye di The Heirs, Lee Min-ho, akan comeback ke layar kaca lewat The Legend of the Blue Sea. Fakta itu saja sebenarnya sudah cukup untuk menggiring antisipasi fans, namun ternyata, pihak produksi drama ini kembali mengejutkan banyak pihak dengan mengumumkan nama pemain wanitanya. Tak tanggung-tanggung, mereka memasang nama Jun Ji-hyun yang berstatus sebagai aktris papan atas Korea terutama setelah kesuksesan luar biasa My Sassy Girl (2001) dan My Love from the Star (2013).

The Legend of the Blue Sea
Tak ayal, duo pemain itupun membuat The Legend of the Blue Sea makin dinanti-nanti penayangannya. Drama ini sendiri dikabarkan bakal menjadi remake dari dongeng "The Little Mermaid" karya Hans Christian Anderson. Penulis Park Ji-eun (My Love from the Star) dan sutradara Jin Hyuk (Master's Sun) sudah dikonfirmasi akan turut berpartisipasi dalam pembuatan drama yang hak siarnya sudah ditawar tinggi oleh perusahaan broadcast China ini.

9. Hwarang: The Poet Warrior Youth (Desember 2016)

Hwarang: The Poet Warrior Youth akan menjadi drama sejarah Korea yang beredar di penghujung tahun 2016. Bercerita tentang lika-liku kehidupan pada anggota Hwarang di masa kerajaan Silla, drama Korea ini mengandalkan daya tarik para pemainnya yang terdiri dari Park Seo-joon (Kill Me Heal Me, She Was Pretty), Go Ara (Reply 1994), Hyungsik ZE:A, Minho SHINee, dan V BTS.

hwarang-the beginning
Dua member boyband di atas (Hyungsik dan Minho) sekilas tampak menjadi penyempurna, namun sebenarnya mereka sudah beberapa kali bermain dalam drama TV. Hyungsik ZE:A pernah terlibat dalam The Heirs (2013) dan High Society (2015), sementara Minho SHINee berpengalaman akting di drama Medical Top Team (2013) dan Because It's The First time (2015). Selain diminati karena bintang-bintangnya, Hwarang: The Poet Warrior Youth juga dinanti-nanti karena akan tayang di KBS, stasiun TV yang dikenal sebagai pelopornya acara sageuk (drama sejarah).

10. Entourage Korea (2016)

Dirilis sebagai remake dari serial TV Amerika populer Entourage, drama ini menampilkan sederetan aktor kenamaan seperti Park Jung-min (Reply 1988), Lee Dong-hwi (Reply 1988), Jo Jin-woong (Signal), bintang Running Man Lee Kwang-soo (City Hunter, It's Okay, That's Love), dan Seo Kang-joon (Cheese in the Trap). Mengisahkan persahabatan seorang artis yang sedang naik daun dengan 3 teman masa kecilnya, Entourage Korea bakal mengungkap kejadian-kejadian di balik industri entertainment dengan tema black comedy.

entourage korea
Drama ini cukup membuat banyak pihak penasaran karena serial TV aslinya kental akan konten seksual. Meski demikian, seri tersebut juga terkenal menjadi "persinggahan" banyak artis yang muncul sebagai cameo karena Entourage sendiri berkisah tentang kehidupan Hollywood. Oleh karena itu, fans juga mengantisipasi Entourage versi Korea sebagai drama yang nantinya bakal mendatangkan banyak artis-artis tenar sebagai cameo.


Selain kesepuluh drama di atas, masih ada beberapa serial lain seperti Beautiful Mind (Jang Hyun), Cinderella and Four Knights (Jung Il-woo, Park So-dam), Goblin (Gong Yoo), 38 Task Force (Seo In-guk, Ma Dong-seok, Sooyoung SNSD), dan Good Wife (Jeon Do-yeon, Yoo Ji-tae) yang ditunggu-tunggu di sisa tahun 2016. Dengan deretan nama aktor dan aktris populer dalam drama-drama di atas, tak heran bila antisipasi fans saat ini kian meningkat. Sementara ini, Doctors, W, dan The Legend of the Blue Sea keluar sebagai 3 drama yang digadang-gadang tak kesulitan meraih keberhasilan.

Namun, apakah kesuksesan yang tercipta dari drama-drama Korea di atas bisa menyaingi fenomena Descendants of the Sun? Setelah kehebohannya mereda, memang belum ada drama yang mampu menyaingi efek popularitas serial tersebut. Well, kita tak perlu menunggu lama karena paling tidak, Doctors sudah akan tayang akhir bulan ini.

Galuh Mustika

Penggemar film Barat yang doyan nonton segala genre, terutama petualangan dan fantasi. Pengagum karya-karya David Fincher, Christopher Nolan, Guillermo Del Toro, Steven Spielberg, dan Bong Joon-ho. Secara tak terduga juga suka perhatian sama drama dan film Korea. Hasilnya? Still try finding the best of both worlds.

Lihat profil selengkapnya






Artikel Lain
Review Film




Berita Popular




Review Pembaca
ivan menulis "."
Di Review Film HIGH & LOW THE MOVIE 3: Final Mission >>
kevin menulis "ini di indo perkiraan masuk kapan ya "
Di Review Film HIGH & LOW THE MOVIE 3: Final Mission >>
Jakli Blythe menulis "katnya bluraynya mau keluar bulan februari lah sekaranh udah maret masih blom kluar juga hadeh"
Di Review Film HIGH & LOW THE MOVIE 2: End Of Sky >>
Dimas yosua cahyo menulis "Gimana yaa cara nonton high & low yg ini,,  saya penasaran sama kelanjutan film nyaa,,  tolong kasih link plis"
Di Review Film HIGH & LOW THE MOVIE 2: End Of Sky >>