The Divergent Series: Allegiant Tak Sanggup Kalahkan Dominasi Zootopia

Galuh Mustika View: 1530

Diputar perdana pekan lalu, seri ketiga film Divergent, Allegiant, tampil mengecewakan. Meski cukup didukung animo penggemar yang telah setia menyaksikan kedua film sebelumnya, Allegiant hanya mampu meraup 30 juta USD di minggu pertamanya. Perolehan tersebut pun mengantarkan The Divergent Series: Allegiant ke posisi dua chart mingguan Box Office AS, satu level di bawah Zootopia yang masih betah menjadi jawara selama tiga minggu berturut-turut.

Lebih Buruk Dari Divergent Dan Insurgent

Sebagai seri ketiga dari franchise film Divergent yang sebelumnya terbilang sukses, Allegiant diharapkan dapat bersaing ketat dengan Zootopia dalam memperebutkan posisi puncak Box office domestik. Namun nyatanya, jangankan mengalahkan Zootopia, Allegiant justru dibuka dengan angka penjualan tiket yang lebih rendah dari film-film pendahulunya, Divergent dan Insurgent. Jika Allegiant hanya mampu mendatangkan 30 juta USD di minggu perdananya, Divergent yang rilis pada tahun 2014 lalu sanggup meraih 54.6 juta USD. Sementara itu, film kedua yang berjudul Insurgent masih mampu mengumpulkan angka 52.3 juta USD.

Tak hanya kalah saing dari segi Box Office, Allegiant juga menuai kritik dari berbagai pengamat film. Peter Travers dari Rolling Stone hanya memberikan rating 1 dari 4 bintang kepada Allegiant, sambil menyatakan bahwa film itu menyajikan alur cerita yang lebih buruk, akting yang lebih payah, dan efek komputer yang lebih konyol ketimbang dua film sebelumnya. Sementara itu, Ariana Bacle dari Entertainment Weekly dan Jeanette Catsoulis dari The New York Times sama-sama setuju tentang performa Shailene Woodley yang berada di bawah standard. Hingga berita ini ditulis, The Divergent Series: Allegiant hanya mendapat skor 10% dari Rotten Tomatoes. Ini tentunya lebih buruk dari Divergent dan Insurgent yang masing-masing masih mendapat nilai 40% dan 29% dari situs agregator yang sama.

Zootopia Masih Tak Terkalahkan

Di sisi lain, Zootopia dapat tersenyum lega dengan raihan Allegiant yang mengecewakan. Film animasi Disney tersebut rupanya masih sanggup mengumpulkan 38 juta USD, meski mengalami penurunan 26% dari pendapatannya minggu lalu. Di zootopia masih film paling larispanggung internasional, Zootopia juga masih setia bertengger di peringkat satu dengan perolehan mingguan sebesar 64.8 juta USD. Menurut chart box office internasional comScore, posisi pertama Zootopia tersebut sudah tak tersentuh mengingat lawan-lawannya di urutan kedua dan ketiga, The Revenant serta Kung Fu Panda 3, hanya mengumpulkan 30 jutaan USD.

Apa yang membuat Zootopia begitu mendominasi peringkat Box Office baik di AS maupun di kancah internasional? Selain kualitasnya yang sudah diakui kritik (Zootopia mendapat skor 99% di Rotten Tomatoes), film yang pemasukan totalnya kini hampir mencapai 600 juta USD itu juga menyuguhkan tema cerita yang banyak disukai publik. Paul Dergarabedian, analis media senior dari comScore menambahkan bahwa kesuksesan Zootopia juga datang dari kecerdikan Disney dalam mengatur jadwal rilis film. Rumah produksi itu sepertinya benar-benar tahu kapan saat yang tepat untuk meluncurkan film-film keluarga seperti Zootopia.

Galuh Mustika

Penggemar film Barat yang doyan nonton segala genre, terutama petualangan dan fantasi. Pengagum karya-karya David Fincher, Christopher Nolan, Guillermo Del Toro, Steven Spielberg, dan Bong Joon-ho. Secara tak terduga juga suka perhatian sama drama dan film Korea. Hasilnya? Still try finding the best of both worlds.

Lihat profil selengkapnya






Berita Lain
Review Film




Artikel Popular