Soundtrack Me Before You Diduga Hasil Plagiasi, Ed Sheeran Diperkarakan

Anna Muttaqien View: 1594

Musikus ternama Inggris Ed Sheeran, menghadapi tuntutan gara-gara lagunya, "Photograph", diduga merupakan hasil plagiasi "kata per kata" dari lagu lain.

Penulis lagu Martin Harrington dan Thomas Leonard mengatakan bahwa lagu hit Sheeran yang rilis tahun 2014 dan juga dipakai sebagai soundtrack film box office Me Before You tersebut sangat identik dengan lagu "Amazing" karya mereka tahun 2009 yang dinyanyikan dan dirilis sebagai single oleh pemenang X-Factor ketujuh Inggris, Matt Cardle.

"Bagian chorus Amazing dan jiplakan Photograph berbagi 39 nada identik -artinya, nada-nadanya identik dalam hal pitch, durasi irama, dan penempatan," ungkap tuntutan hukum yang didaftarkan di pengadilan Los Angeles, Amerika Serikat, tersebut, "Persamaan kata-kata, gaya vokal, melodi vokal, melodi, dan irama, adalah indikasi jelas, diantara hal-hal lain, bahwa Photograph menjiplak Amazing."

Harrington dan Leonard telah menyewa pengacara Richard Busch yang sebelumnya sukses memenangkan tuntutan keluarga Marvin Gaye pada Robin Thicke dan Pharrell Williams atas kasus plagiasi lagu "Got To Give It Up" untuk lagu "Blurred Lines".

Photograph pertama kali direkam oleh Ed Sheeran sebagai bagian dari album keduanya, x (2014). Lagu tersebut ditulisnya bersama personel Snow Patrol, Johnny McDaid. Sambutan publik sangat baik hingga Photograph maupun X masuk ke sepuluh besar Billboard Hot 100 dan digunakan sebagai salah satu soundtrack drama romantis Me Before You yang baru saja premier awal bulan ini. Di sisi lain, "Amazing" yang dinyanyikan Matt Cardle hanya berhasil meraih peringkat 84 saja di chart Inggris pada tahun 2012.

Anna Muttaqien

Kontributor sekaligus editor di Sinemapedia. Hobi menulis, membaca, nonton, plus nggosip apa saja yang hubungannya dengan Asia dan Jepang. Mulai suka anime dan manga sejak tahun 90-an, berlanjut sampai sekarang.

Lihat profil selengkapnya






Berita Lain
Review Film




Artikel Popular