Semua Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Oscar 2017

Anna Muttaqien View: 1228

Oscar 2017 sudah di depan mata. Tahun ini, sorotan berpusat pada segelintir film yang sudah banyak memenangkan penghargaan lain (seperti La La Land, pemborong Golden Globe bulan lalu), tetapi ada beberapa hal lain yang selayaknya wajib Anda ketahui sebelum dibukanya gelaran Oscar pada 26 Februari 2017. Berikut ini diantaranya.

 

Siapa Yang Jadi Host?

Jimmy Kimmel didapuk jadi host seremoni Oscar untuk pertama kalinya. Sebelumnya, sederetan selebriti populer lainnya pernah menduduki jabatan ini, termasuk Chris Rock, Neil Patrick Harris dan Ellen DeGeneres.

Jimmy Kimmel yang kini menjadi host dan produser eksekutif Jimmy Kimmel Live! ini sudah sering keluar masuk tayangan televisi dan film. Menanggapi penunjukannya, ia malah bercanda.

Kata Jimmy, produser memilihnya karena lokasinya dekat dengan Dolby Theatre (tempat dihelatnya Oscar). Terkait dengan perseteruannya dengan Matt Damon, ia juga mengatakan bahwa dirinya berharap Damon kalah dalam nominasi Best Picture (Matt Damon merupakan produser Manchester by the Sea).

 

Siapa Yang Akan Jadi Pembaca Anugerah?

Sebagaimana lazim pada setiap pagelaran Academy Awards, di Oscar 2017 ini pun para pemenang tahun lalu akan menyajikan penghargaan bagi pemenang baru. Termasuk diantaranya Brie Larson, Leonardo DiCaprio, Alicia Vikander dan Mark Rylance.

Tokoh lain yang sudah dikonfirmasi akan menjadi pembaca anugerah adalah Halle Berry, Shirley MacLaine, Hailee Steinfeld, dan Samuel L. Jackson. Dakota Johnson dan Jamie Dornan yang baru usai merilis sekuel film dengan rating "sangat" dewasa Fifty Shades of Grey pun diekspektasikan akan hadir, berikut Chris Evans, Steve Rogers, dan Kate McKinnon.

 

Siapa Yang Akan Perform?

Oscar bukan hanya jadi ajang penting dunia perfilman, melainkan juga dunia musik. Dalam hal ini, berhasil menampilkan performa sukses di hadapan hadirin Oscar yang notabene mencakup selebriti dunia kelas A merupakan gengsi tersendiri. Tahun 2017, privilese tersebut akan dinikmati oleh kelima lagu yang masuk nominasi Best Original Song.

Itu artinya, kita bisa menantikan Auli’i Cravalho dan Lin-Manuel Miranda untuk menyanyikan "How Far I’ll Go" (Moana), Sting dengan "The Empty Chair" (Jim: The James Foley Story), Justin Timberlake dengan "Can’t Stop the Feeling" (Trolls). Melengkapi deretan nominasi, John Legend diharapkan bakal muncul membawakan dua lagi dari La La Land.

 

Siapa Yang Diperkirakan Akan Menang Oscar 2017?

La La Land sudah mengantongi 14 nominasi, sebuah kehormatan yang sebelumnya hanya pernah dinikmati oleh Titanic dan All About Eve. Jika film musikal ini sanggup merebut 11 piala saja, maka La La Land bakal memecahkan rekor, dengan terutama unggul di kategori musik. Walaupun, bukan sekali dua kali terjadi film dengan nominasi terbanyak gagal memboyong piala dalam jumlah setara. 

Di kategori aktor dan aktris terbaik, kandidat paling dijagokan saat ini adalah Emma Stone (La La Land), Casey Affleck (Manchester by the Sea), Viola Davis (Fences) dan Mahershala Ali (Moonlight).


>>> Ingin tampil menawan seperti bintang-bintang Hollywood? Bisa. Cek busana dan kosmetik paling nge-trend untuk pria maupun wanita dari Zalora.

 

Adakah Yang Kontroversial Dalam Oscar 2017?

Tahun lalu, isu paling hot bersumber dari Leonardo DiCaprio, yang meski sudah berulangkali masuk nominasi sejak masa mudanya, tetapi tak juga berhasil membawa pulang medali. Bahkan sampai menginspirasi dibuatnya sebuah game video bergaya arcade. Syukur, Leo sukses memutus nasib buruknya pada tahun 2016.

Dibandingkan dengan itu, kontroversi pada Oscar 2017 cenderung lebih serius. Nominasi aktor terbaik Casey Affleck pernah menjadi target tuntutan pelecehan seksual pada tahun 2010, dan isu ini kembali mengemuka setelah kemunculannya di Manchester by the Sea menghantarkannya pada anugerah aktor terbaik dari Golden Globe dan BAFTA.

Selain itu, nominasi sutradara terbaik Mel Gibson mewakili kebangkitannya kembali setelah sekitar satu dekade absen dari dunia perfilman akibat serentetan tuduhan tindak kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dan kecaman anti-semit.

 

Adakah Rekor Yang Bakal Ditembus?

Selain La La Land punya prospek menjadi salah satu film dengan borongan piala terbanyak, Barry Jenkins mengantongi kemungkinan menjadi pemenang Best Director berkulit hitam pertama. Filmnya, Moonlight, juga punya kans untuk menjadi film pemenang Best Picture pertama dengan tokoh protagonis gay.

Ava DuVernay memiliki prospek untuk jadi wanita kulit hitam pertama yang memenangkan kategori Best Documentary, sedangkan Denzel Washington bisa jadi aktor kulit hitam dengan penghargaan Oscar terbanyak. Lebih sensasional lagi, Meryl Streep punya kesempatan untuk seri dengan Katharine Hepburn sebagai penerima penghargaan akting terbanyak dari Oscar.

Oscar 2017 juga tak kekurangan jenius. Damien Chazelle (La La Land) bisa seri dengan Norman Taurog (Oscar 1932), sebagai pemenang Best Director termuda di usia 32 tahun. Lucas Hedges (Manchester by the Sea) pun bisa menyaingi Timothy Hutton (Oscar 1981) sebagai pemenang Best Supporting Actor termuda pada umur 20 tahun.

UPDATE: Para Pemenang OSCAR 2017, Aktor Muslim, dan Insiden Salah Amplop


Anna Muttaqien

Kontributor sekaligus editor di Sinemapedia. Hobi menulis, membaca, nonton, plus nggosip apa saja yang hubungannya dengan Asia dan Jepang. Mulai suka anime dan manga sejak tahun 90-an, berlanjut sampai sekarang.

Lihat profil selengkapnya






Berita Lain
Review Film




Artikel Popular