Raih Lifetime Achievement, Jackie Chan Bakal Terima Oscar

Anna Muttaqien View: 1450

The Academy of Motion Picture Arts tadi malam (1/9) mengumumkan sineas top Asia Jackie Chan akan menerima Oscar sebagai penghargaan atas kontribusinya di dunia perfilman, tepatnya untuk anugerah Governor Awards 2016. Penganugerahan akan dilakukan di sebuah gala yang digelar di bulan November mendatang.

Selain Jackie Chan, sejumlah sineas lain akan menerima penghargaan serupa, yakni Frederick Wiseman yang dikenal sebagai pembuat film dokumenter, editor film asal Inggris Anne V. Coates, dan direktur casing Lynn Stalmaster. Menurut Presiden Academy of Motion Picture Arts, Cheryl Boone Isaacs, mereka semua adalah "pionir yang sesugguhnya dan legenda dalam seni yang ditekuninya."

Jackie Chan yang bernama asli Chan Kong-sang, pertama kali debut pada umur 8 tahun di film Big and Little Wong Tin Bar (1962) dan setelah itu beberapa kali menjadi stuntman di film-film Bruce Lee seperti Fist of Fury (1972) dan Enter the Dragon (1973). Di tahun-tahun berikutnya, Jackie bermain dalam lebih dari 100 film termasuk yang baru-baru ini rilis: Skiptrace. Jackie pun telah menyutradarai lebih dari 30 film Hong Kong, turun tangan sebagai produser, bahkan menjadi penyanyi dengan discography yang cukup panjang.

Sepanjang karirnya, Jackie Chan telah mendapatkan puluhan penghargaan, khususnya dari berbagai anugerah film di Asia. Aksi-aksinya juga beberapa kali menyabet MTV Movie Awards. Pendapatannya sebagai selebriti pun tak tanggung-tanggung. Baru kemarin ia disebut sebagai aktor dengan bayaran tertinggi kedua di dunia versi Forbes, sebuah gelar yang sudah disandangnya sejak tahun 2005. Meskipun demikian, ia belum pernah meraih Oscar.

Dalam 2016 ini, ada dua lagi filmnya yang dijadwalkan premier, yaitu Railroad Tigers pada November serta The Foreigner yang akan dibintangi juga oleh Pierce Brosnan dan Katie Leung tetapi belum diumumkan tanggal pastinya. Rumornya, ke depan franchise Shanghai Noon pun akan dibuat film ketiganya setelah sekuel Shanghai Knights rilis pada 2003.

Anna Muttaqien

Kontributor sekaligus editor di Sinemapedia. Hobi menulis, membaca, nonton, plus nggosip apa saja yang hubungannya dengan Asia dan Jepang. Mulai suka anime dan manga sejak tahun 90-an, berlanjut sampai sekarang.

Lihat profil selengkapnya






Berita Lain
Review Film




Artikel Popular