Para Pemenang Oscar Ini Ternyata Pernah Dapatkan Razzie

Galuh Mustika View: 2913

Menjadi pemenang Oscar tentunya sangat diidam-idamkan oleh hampir semua bintang. Namun sebaliknya, mendapatkan Razzie bagaikan mimpi buruk para aktor dan aktris yang tidak ingin kredibilitasnya tercoreng. Bagaimana tidak, penghargaan berlabel Golden Raspberry Awards ini hanya memberikan piala untuk mereka yang dinilai menjadi paling buruk, berbanding terbalik dengan Oscar yang dianugerahkan untuk mereka yang terbaik. Karena perbedaan kontras ini, banyak media dan fans terkejut saat mengetahui bahwa para penerima Oscar juga ternyata pernah menjadi pemenang piala Razzie. Siapa sajakah mereka?

 

1. Halle Berry

halle berry oscar dan razzie

Nama Halle Berry mencuat sebagai salah satu aktris paling menjanjikan di tahun 2001. Ia meraih gelar Best Actress kala itu lewat film Monster's Ball, dan hingga kini masih menjadi satu-satunya aktris kulit hitam yang pernah menyabet gelar aktris terbaik di Academy Awards. Namun sayang, Berry kemudian membuat kesalahan dengan membintangi Catwoman di tahun 2004, yang mengantarkannya pada gelar Worst Actress Razie. Meski demikian, Halle Berry menjadi satu dari sedikit bintang yang bersedia menghadiri acara penghargaan tersebut untuk menerima langsung pialanya.


2. Brad Pitt

brad pitt oscar dan razzie

Kemenangan Brad Pitt di Academy Awards bukan didapat dari perannya sebagai aktor, tapi keterlibatannya di balik layar sebagai produser. Tahun 2014 menjadi periode keemasan bagi rumah produksi yang didirikan Brad Pitt, Plan B Entertainment, karena salah satu film garapannya, 12 Years of Slave berhasil meraih penghargaan tertinggi yaitu Best Picture. Di tahun 2016, Brad Pitt juga kembali dinominasikan sebagai salah satu produser yang akan turut menerima penghargaan jika The Big Short memenangkan Best Picture.

Namun jauh sebelum prestasi-prestasi di atas, Brad Pitt ternyata pernah menerima Razzie bersama Tom Cruise untuk kategori Worst Screen Combo. Performa mereka di film Interview with the Vampire rupanya tak memuaskan banyak kritik dan dianggap cukup mengecewakan untuk bisa meraih gelar tersebut.

3. Sandra Bullock

sandra bullock oscar dan razzie

Membintangi film-film berkualitas kontras di tahun yang sama mungkin bukan pertama kali dilakukan oleh seorang bintang. Namun jelas belum ada yang seekstrim Sandra Bullock. Ia menjadi aktris terbaik di Academy Awards melalui The Blind Slide, sekaligus meraih Razzie di kategori Worst Actress dan Worst On-Screen Couple lewat film All About Steve di tahun 2010. Layaknya Halle Berry, Sandra Bullock juga datang langsung ke upacara penghargaan untuk menerima piala Razzie secara langsung. Bahkan, aktris Gravity itu muncul dengan segerobak penuh DVD All About Steve, dan menantang para penonton untuk membaca dialog yang dibawakannya di film tersebut.


4. Ben Affleck

ben affleck oscar dan razzie

Nasib Ben Affleck mungkin hampir serupa dengan Brad Pitt. Prestasinya di Academy Awards sejauh ini hanya tercatat untuk peran-peran yang dilakukannya di belakang layar. Mantan suami Jennifer Garner ini memenangkan gelar Best Original Screenplay untuk naskah Good Will Hunting yang digarapnya bersama Matt Damon. Sebagai produser Argo, ia juga mendapat raihan Best Picture di tahun 2013.

Deretan pencapaian di atas rupanya berbanding terbalik dengan prestasi Affleck sebagai aktor. Sahabat baik Matt Damon ini ternyata pernah dinobatkan sebagai Worst Actor di Golden Raspberry Awards untuk 3 film sekaligus; Daredevil, Gigli, dan Paycheck. Torehan buruk tersebut kian lengkap dengan perolehan Worst Screen Combo yang dimenangkannya bersama Jennifer lopez melalui Gigli. Hasil-hasil mengecewakan itupun sempat mengantarkannya di nominasi Worst Actor of Decade Razzie di tahun 2009. Namun Affleck akhirnya berhasil bangkit di tahun-tahun belakangan ini. Buktinya, tak hanya menerima banyak penghargaan dan nominasi di ajang-ajang perfilman, ia juga mendapat Razzie Redeemer Award di tahun 2015 untuk menghargai kerja kerasnya di Argo dan Gone Girl.

5. Kevin Costner

kevin costner oscar dan razzie

Di awal karirnya, Kevin Costner mencuri banyak perhatian dengan memenangkan Best Director dan Best Picture untuk Dances with Wolves. Namun tak lama kemudian, gelar terburuk mulai berdatangan menghampiri Costner. Dimulai dengan Worst Actor untuk Robin Hood: Prince of Thieves, aktor gaek ini juga menyabet Worst Director dan Worst Picture melalui The Postman, yang juga mengantarkannya pada gelar aktor terburuk di waktu yang sama.

6. Nicole Kidman

nicole kidman oscar dan razzie

Banyak penghargaan telah diraih Nicole Kidman, dimana salah satunya adalah Piala Oscar di kategori Best Actress untuk perannya di The Hours. Namun jajaran prestasi yang ditorehkan aktris ini rupanya pernah diwarnai title tak mengenakkan, yaitu Worst Screen Combo bersama Will Ferrel untuk film Bewitched.

7. Prince

prince oscar dan razzie

Karir bintang yang sudah melebarkan sayapnya di berbagai bidang ini memang sudah berjalan hingga puluhan tahun lamanya. Puncaknya, Prince membawa pulang piala Oscar di kategori Best Original Song Score untuk film Purple Rain.

Namun peruntungannya di dunia sinema terbukti tak bertahan lama. Hanya satu tahun setelah menerima penghargaan di Academy Awards, musisi kelahiran Minneapolis ini justru memborong Razzie lewat film Under The Cherry Moon. Ia dinobatkan sebagai peraih Worst Director, Worst Original Song, dan Worst Actor untuk film yang ia tulis music score-nya, sutradarai, dan bintangi itu. Mungkin memang film Prince yang satu ini sangatlah buruk, karena tak cukup menerima 3 gelar di atas, Under the Cherry Moon juga berbagi tempat dengan Howard the Duck di posisi Worst Picture.

8. Al Pacino

al pacino oscar dan razzie

Siapa yang tak kenal Al Pacino? Nama aktor kawakan ini melejit setelah membintangi seri film The Godfather. Ia pun pernah dinominasikan sebanyak 8 kali di Academy Awards, dan akhirnya memenangkan Best Actor lewat Scent of a Woman. Namun bahkan nama besar pun tak mampu menghindarkan Al Pacino dari ancaman Razzie. Aktor yang sempat muncul di Ocean's Thirteen ini ternyata pernah menyabet gelar Worst Supporting Actor di film Adam Sandler yang banyak mendapat hujatan, Jack and Jill.

9. Marlon Brando

marlon brando oscar dan razzie

Marlon Brando menang sebagai aktor terbaik mungkin tak terlalu mengejutkan. Salah satu aktor paling legendaris dalam sejarah perfilman Amerika ini sudah 2 kali meraih Piala Oscar untuk kategori Best Actor; satu lewat film On the Waterfront, dan satunya lagi melalui The Godfather. Tapi, siapa sangka bila Brando juga sempat memperoleh Razzie untuk performa aktingnya yang buruk. Faktanya, sosok fenomenal yang banyak dipuji dan menjadi figur panutan ini pernah dinobatkan sebagai aktor pembantu terburuk untuk perannya di film adaptasi The Island of Dr. Moreau.

10. Eddie Redmayne

eddie redmayne oscar dan razzie

Nama Eddie Redmayne belum setenar Brad Pitt ataupun Leonardo DiCaprio ketika ia memenangkan Piala Best Actor di tahun 2015 lalu. Lewat film The Theory of Everything, totalitas akting Eddie yang memerankan Dr. Stephen Hawking memang banyak diacungi jempol. Ia pun melenggang sebagai pemenang aktor terbaik mengalahkan Steve Carell, Bradley Cooper, Benedict Cumberbatch, dan Michael Keaton.

Namun di tahun berikutnya, Eddie justru digelari Worst Supporting Actor lewat perannya di Jupiter Ascending. Film yang juga dibintangi Channing Tatum dan Mila Kunis itu memang terdaftar di banyak kategori nominasi pada gelaran Golden Raspberry Awards ke-36. Uniknya, di saat bersamaan Eddie juga dinominasikan dalam kategori Best Actor di Academy Awards lewat film The Danish Girl. Sayangnya, ia tak berhasil mengawinkan raihan Razzie-nya dengan Piala Oscar, karena ia harus mengakui kemenangan Leonardo DiCaprio yang terpilih sebagai aktor terbaik.

Deretan perolehan aktor dan aktris di atas membuktikan bahwa kemenangan di Academy Awards tak dapat menjamin kesuksesan karir akting mereka untuk seterusnya. Pasang surut popularitas seorang bintang adalah hal yang wajar, namun bisa jadi menarik manakala ia sampai menerima penghargaan untuk kedua sisi kualitas performanya yang sangat berlainan. Fakta paling mencengangkan mungkin bisa disimpulkan dari pengalaman Sandra Bullock yang meraih Razzie dan Oscar di waktu bersamaan, atau Roberto Benigni yang prestasi terbaiknya di Oscar hampir sama banyaknya dengan catatan terburuk di Golden Raspberry Awards.

Diterjemahkan dengan beberapa perubahan dari Entertainment Weekly

Galuh Mustika

Penggemar film Barat yang doyan nonton segala genre, terutama petualangan dan fantasi. Pengagum karya-karya David Fincher, Christopher Nolan, Guillermo Del Toro, Steven Spielberg, dan Bong Joon-ho. Secara tak terduga juga suka perhatian sama drama dan film Korea. Hasilnya? Still try finding the best of both worlds.

Lihat profil selengkapnya






Artikel Lain
Review Film




Berita Popular




Review Pembaca
ivan menulis "."
Di Review Film HIGH & LOW THE MOVIE 3: Final Mission >>
kevin menulis "ini di indo perkiraan masuk kapan ya "
Di Review Film HIGH & LOW THE MOVIE 3: Final Mission >>
Jakli Blythe menulis "katnya bluraynya mau keluar bulan februari lah sekaranh udah maret masih blom kluar juga hadeh"
Di Review Film HIGH & LOW THE MOVIE 2: End Of Sky >>
Dimas yosua cahyo menulis "Gimana yaa cara nonton high & low yg ini,,  saya penasaran sama kelanjutan film nyaa,,  tolong kasih link plis"
Di Review Film HIGH & LOW THE MOVIE 2: End Of Sky >>