Meski Disebut Kaku, Film Terbaru Shahrukh Khan Masih Ungguli Box Office

Anna Muttaqien View: 1652

Film terbaru Shahrukh Khan, Jab Harry Met Sejal, ditimpa kritik bertubi-tubi. Meski dibintangi oleh aktor top sang King of Bollywood dan Anushka Sharma, disutradarai oleh sineas veteran Imtiaz Ali, serta musiknya diaransemen oleh Pritam; tetapi film ini dinilai gagal memunculkan roman yang disukai oleh movie-goers.

Jab Harry Met Sejal menceritakan tentang perjalanan Harry, seorang pemandu wisata, mendampingi turis bernama Sejal untuk berpetualang mencari cincin tunangannya yang hilang. Kontras antara Harry yang "nakal" dan Sejal yang naif, semestinya menyediakan banyak ruang untuk percintaan. 

Namun, pada akhirnya hubungan Harry dan Sejal "tidak kemana-mana". Harry tersandera oleh perbedaan antara mereka berdua, sedangkan Sejal termasuk tipe orang yang "gajah di pelupuk mata tak kelihatan, semut di seberang lautan didambakan". Bukannya menebarkan getaran asmara, petualangan sejoli ini justru menampilkan citra seakan-akan Eropa berbahaya bagi para turis.

Hindustan Times memberinya 2 (dua) bintang dari skala 5 (lima), dengan mengatakan, "Cerita dituturkan dengan malas, membunuh film Shahrukh Khan dan Anushka Sharma. Adalah sebuah kekecewaan besar untuk melihat Shahrukh Khan kembali ke zona nyaman-nya (fim rom-com -red), tapi tetap tidak menunjukkan penampilan terbaiknya."

Turut memperparah adalah sentuhan Imtiaz Ali yang entah kenapa kurang mengena. Bila disandingkan karya-karya Imitiaz Ali sebelumnya seperti Cocktail dan Love Aaj Kal yang dibintangi Deepika Padukone, Jab Harry Met Sejal seperti kehilangan "magic"-nya. Menanggapi tuduhan itu, ia hanya mengatakan, "Saya yakin banyak orang tak menilai Harry Met Sejal sebagai masterpiece, tetapi saya (memang) tidak membuatnya dengan niat menjadikannya (masterpiece)."

Jab Harry Met Sejal berhasil mengungguli Mubarakan yang rilis di kisaran waktu yang sama. Di akhir pekan pertama penayangannya, film rom-com ini secara global di akhir pekan berhasil mencapai Rs 100 Crore (sekitar 15.7 juta Dolar AS) dan menduduki #1 di box office domestik India. Lagu-lagu soundtrack-nya pun mendominasi chart-chart di sana. Namun, masih termasuk yang terendah dibanding rekor film-film Shahrukh Khan terdahulu, apalagi pendapatan box office-nya terus menurun drastis dari hari ke hari.

Bagaimana pendapat Anda? Apakah Jab Harry Met Sejal memang jelek, ataukah hanya ekspektasi penonton saja yang terlalu tinggi? Sampaikan pendapat Anda di kolom komentar.

Anna Muttaqien

Kontributor sekaligus editor di Sinemapedia. Hobi menulis, membaca, nonton, plus nggosip apa saja yang hubungannya dengan Asia dan Jepang. Mulai suka anime dan manga sejak tahun 90-an, berlanjut sampai sekarang.

Lihat profil selengkapnya






Berita Lain
Review Film




Artikel Popular