Kemegahan Desain Panggung Oscar 2016

Galuh Mustika View: 1954

Academy Awards, ajang penghargaan paling ditunggu-tunggu umat perfilman sejagad raya tinggal menghitung hari. Segala macam persiapan, mulai dari pemilihan presenter, daftar nominasi, hingga mereka yang akan mengisi acara telah ramai diberitakan. Desain panggung pun tak ketinggalan menjadi topik yang juga disorot media. Tak lama setelah dirilis, gambar-gambar desain panggung untuk acara yang sudah memasuki tahun ke-88 nya ini mendapat banyak pujian dan dikagumi karena kemegahannya. Lantas, seperti apa detail rancangan dari tempat yang akan menjadi lokasi perhelatan Oscar tahun ini?

desain panggung oscar 2016
Konsep yang digunakan desainer pemenang Tony Award Derek McLane kali ini adalah "glamor". Sosok yang sudah menangani rancangan panggung Oscar untuk keempat kalinya ini mengambil inspirasi dari nuansa glamor Hollywood di tahun 1970-an. Pada sesi wawancara dengan PEOPLE di Dolby Theatre Lounge kemarin (24/2), McLane mengatakan, "Inspirasi saya benar-benar datang dari film-film hebat di tahun 1970-an. Masa itu merupakan salah satu periode favorit saya. Saya senang bisa banyak berkreasi dengan pembuatan desain panggung Oscar kali ini."

Bertabur Kristal Swarovski

Bagian utama panggung yang menjadi fokus adalah pijakan berbentuk oval yang terletak di tengah. McLane menjelaskan bahwa bentuknya sangat kontemporer dan ada ribuan kristal yang berkilau di atasnya untuk menambah kesan mewah.

panggung oscar 2016
Lebih dari 1,600 jam dihabiskan untuk menciptakan dekorasi panggung bertabur kristal itu, yang menggunakan 200,000 Swarovski dan 35 elemen lain. Beberapa layar digital juga akan ditempatkan di posisi yang strategis untuk membuat desain panggung tampak terus bergerak sepanjang acara. "Kita akan menggunakan 12 layar LED secara bersamaan, dan beberapa layar lain yang lebih ramping di area sekitarnya," kata McLane.

Selama 4 tahun menukangi desain panggung Oscar, McLane mengaku bahwa ia selalu mempelajari trik baru untuk meningkatkan kualitas visual yang dibuatnya. Sebagai contoh, ia menemukan bahwa sinar bohlam akan terlihat bagus di kamera jika redup, atau nuansa pewarnaan sebaiknya dibuat lebih mulus agar kamera digital bisa lebih menangkap perbedaan pada tone dan temperatur warna. Sebenarnya, karena alasan kedua itulah setting panggung hasil tangkapan kamera bisa berbeda dengan tampilan aslinya.

Panggung Oscar memang selalu ditampilkan dengan desain yang megah dan unik setiap tahunnya. Ingin tahu seperti apa jadinya tampilan panggung Academy Awards tahun ini? Kita nantikan saja bersama pengumuman pemenangnya hari Minggu nanti (28/2).

Galuh Mustika

Penggemar film Barat yang doyan nonton segala genre, terutama petualangan dan fantasi. Pengagum karya-karya David Fincher, Christopher Nolan, Guillermo Del Toro, Steven Spielberg, dan Bong Joon-ho. Secara tak terduga juga suka perhatian sama drama dan film Korea. Hasilnya? Still try finding the best of both worlds.

Lihat profil selengkapnya






Berita Lain
Review Film




Artikel Popular