Dengan Kesuksesan Finding Dory, Akankah "Finding Nemo 3" Segera Dibuat?

Galuh Mustika View: 2300

Sudah tak terhitung jumlah film Hollywood yang dibuatkan sekuelnya setelah mendulang kesuksesan Box Office. Tahun ini saja, bioskop tampak sesak dengan berbagai sekuel film blockbuster, mulai dari genre superhero sampai horor. Fenomena terbaru di Box Office AS, Finding Dory, juga merupakan sekuel dari film terdahulunya Finding Nemo. Melihat raihan cemerlang "Dory" di Box Office maupun review kritik, akankah studio Pixar sudah merencanakan seri ketiga dalam waktu dekat?

Belajar Dari Toy Story 2

andrew stantonSutradara sekaligus penulis Finding Dory, Andrew Stanton, memaparkan penjelasannya pada Entertainment Weekly terkait masalah ini. Ia menuturkan bahwa studio Pixar sangat berhati-hati dengan pembuatan sekuel. Mereka sudah banyak belajar dari Toy Story 2, satu-satunya film lanjutan yang mereka buat karena terpancing kesuksesan pendahulunya. Standar Pixar sebagai salah satu studio film animasi top tentu berbeda. Lewat wawancaranya, Stanton menyiratkan kesan bahwa pihak studio tak cukup puas dengan Toy Story 2 hingga mereka menganggap film itu tak berhasil. Padahal, seri kedua dari film animasi yang dibintangi Tom Hanks itu mengumpulkan 485 juta USD, dan meraih nilai nyaris sempurna di situs-situs agregator kritik.

Inilah sebabnya butuh waktu 13 tahun bagi Studio Pixar untuk kembali meluncurkan petualangan nemo ke layar lebar. Padahal, perolehan Finding Nemo selepas rilisnya di tahun 2003 tak bisa dianggap enteng. Nemo berhasil meraup 936.7 USD sekaligus memenangkan Piala Oscar sebagai film animasi terbaik kala itu. Rumah produksi atau studio film manapun pasti bakal tergiur membuat sekuel melihat cakupan prestasi seperti itu. Tapi faktanya, Pixar justru tak pernah membicarakan atau bahkan mengungkit-ungkit rencana untuk segera membuat sekuel nemo.

Utamakan Kualitas Cerita

Barulah di tahun 2010 lalu, ketika Stanton menonton ulang Finding Nemo, tercetus ide untuk membuat sekuel yang berfokus pada kisah Dory. Menurutnya, pelajaran berharga yang diambil Pixar dari Toy Story 2 adalah: Tidak seharusnya sebuah sekuel tercipta hanya karena alasan komersil. Prinsip mereka sangat jelas; sebuah franchise film sebaiknya sudah direncanakan dari awal. Jika ada ide menyambung cerita suatu film original dengan film lanjutan, maka penulis cerita harus memutar otak untuk membuat sekuel itu tampak sebagai terusan yang dari awal sudah direncanakan.

Namun demikian, Stanton tak menutup kemungkinan dibuatnya "Finding Nemo 3". "Saya benar-benar merasa ini (Finding Dory) adalah kepingan yang secara emosional melengkapi film pertama... Tapi kini, saya tak akan menghapus kemungkinan apapun (untuk sekuel baru), mengingat ada karakter-karakter dan universe baru yang kita kembangkan. Jadi meskipun menurut saya segala sesuatu dari film pertama sudah tersimpulkan, tapi kita lihat saja nanti kedepannya." demikian tuturnya.

Studio Pixar mungkin terlalu pikir-pikir, tapi siapa yang berani meragukan alasan mereka untuk menunda sekuel film animasi sehebat Finding Nemo hingga 13 tahun lamanya, jika faktor utamanya adalah untuk mempertahankan kualitas cerita? Di tengah maraknya rilis film sekuel yang kian hari kian terlihat ditujukan untuk memeras kantong para penggemar film, prinsip Pixar tentu patut diacungi jempol. Apalagi, melihat kesuksesan Finding Dory, tak diragukan lagi jika mereka sudah melangkah di jalan yang benar. Selepas rilis sekuel Finding Nemo, Pixar kini sudah bersiap-siap dengan setidaknya tiga film lanjutan yaitu Cars 3, Toy Story 4 dan The Incredibles 2.

Galuh Mustika

Penggemar film Barat yang doyan nonton segala genre, terutama petualangan dan fantasi. Pengagum karya-karya David Fincher, Christopher Nolan, Guillermo Del Toro, Steven Spielberg, dan Bong Joon-ho. Secara tak terduga juga suka perhatian sama drama dan film Korea. Hasilnya? Still try finding the best of both worlds.

Lihat profil selengkapnya






Berita Lain
Review Film




Artikel Popular