12 Film Indonesia Bakal Tampil Di Festival Film Tokyo

Anna Muttaqien View: 1699

Setelah sebelumnya dua film Indonesia diboyong ke Festival Film Internasional Toronto dan dua lainnya masuk seleksi penghargaan di Cannes, kini 12 lagi dijadwalkan screening pada Festival Film Internasional Tokyo.

Kedua belas film tersebut mencakup film baru dan lama. Diantaranya Athirah, kisah nyata ibunda Wakil Presiden Jusuf Kalla yang premier hari ini, dan drama komedi Catatan Dodol Calon Dokter yang baru akan meluncur ke bioskop bulan depan. Juga akan tampil Ini Kisah Tiga Dara (2016) karya Nia Dinata, Filosofi Kopi (2015) oleh Angga Dwimas Sasongko, Sendiri Diana Sendiri (2015) oleh Kamila Andini, Fiksi (2013) karya Mouly Surya, Someone's Wife in the Boat of Someone's Husband (2013) oleh Edwin, dan Lewat Djam Malam (1954) oleh sutradara ternama Usmar Ismail.

Berikutnya, tiga film besutan Teddy Soeriaatmadja pun akan turut diputar, yaitu About A Woman (2014), Something in the Way (2013), dan Lovely Man (2011). Kesebelas film itu akan screening pada sesi acara Crosscut Asia yang untuk tahun ini didedikasikan oleh Festival Film Internasional Tokyo untuk film-film Indonesia dengan tema "Colorful Indonesia".

Sementara itu, perjalanan dua orang di pulau Seram, Maluku, yang dikemas dalam film Salawuku karya Pritagita Arianegara akan mewakili Indonesia di sesi acara Asian Future dalam rangkaian festival yang sama.

Dari sisi Jepang sendiri, sejumlah film unggulan akan ditampilkan, termasuk film live action Museum, Mischievous Kiss the Movie: High School, In This Corner of the World, dan Gantz:O yang belum premier di bioskop setempat. Selain itu, festival tersebut tahun ini akan menggelar event spesial "World of Mamoru Hosoda in Animation Focus". Sesi khusus tersebut akan menampilkan buah karya terbaik dan klasik besutan sutradara animasi kawakan Mamoru Hosoda, termasuk The Boy and The Beast, Wolf Children, Summer Wars, dan The Girl Who Leapt Through Time.

Anna Muttaqien

Kontributor sekaligus editor di Sinemapedia. Hobi menulis, membaca, nonton, plus nggosip apa saja yang hubungannya dengan Asia dan Jepang. Mulai suka anime dan manga sejak tahun 90-an, berlanjut sampai sekarang.

Lihat profil selengkapnya






Berita Lain
Review Film




Artikel Popular