10 Fakta Menarik Tentang Piala Oscar

Anna Muttaqien View: 1466

Piala Oscar yang dianugerahkan dalam gelaran Academy Awards bisa dibilang sebagai simbol teragung dalam dunia perfilman. Setiap tahun, jutaan orang terpaku di depan televisi untuk menonton event internasional dimana tokoh-tokoh terdepan di dunia film akan menerima piala tersebut. Anda bisa jadi salah satu diantaranya.

Tetapi, ada 10 fakta menarik tentang piala Oscar yang bisa jadi Anda belum tahu.

1. Desain asli piala Oscar ditorehkan oleh Direktur Seni MGM, Cedric Gibbons. Ia mendapat ide untuk membuat piala berupa seorang ksatria berdiri di sebuah gulungan film sembari menggenggam pedang. The Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) sebagai penyelenggara pagelaran kemudian meminta pematung George Stanley untuk mewujudkan desain tersebut.

Emil Jannings

2. Piala Oscar pertama kali dianugerahkan pada Emil Jannings tanggal 16 Mei 1929, sebagai Aktor Terbaik berkat penampilannya di The Last Command dan The Way of All Flesh. Sejak saat itu, sebanyak 2,701 piala telah dibagikan.

3. Piala Oscar berukuran tinggi 13.5 inch dengan berat 8.5 pounds. Oscar tahun ini pun demikian.

4. Piala yang dianugerahkan di Academy Awards pertama adalah perunggu berlapis emas, tetapi kemudian diganti dengan metal Britannia yang dibalut tembaga, nickel silver, dan terakhir emas 24-karat. Dalam Oscar ke-88 mendatang, barulah piala akan kembali menggunakan perunggu berlapis emas.

5. Sebenarnya, piala ini bernama lengkap the Academy Award of Merit, meskipun lebih dikenal dengan "nama panggilan"-nya, Oscar. Kok bisa? Menurut rumor, ketika pertama kali melihat piala ini, salah satu pegawai AMPAS bernama Margaret Herrick menyebutnya mirip dengan pamannya yang bernama Oscar. AMPAS sendiri baru menggunakan nama "Oscar" secara resmi mulai tahun 1939.

Close Up Oscar

6. Pita film di kaki figur Oscar memiliki lima ruji yang menyimbolkan lima cabang di AMPAS: aktor, sutradara, produser, teknisi, dan penulis. Besar-kecil pita bisa berubah-ubah, tetapi standar tersebut terus berlaku hingga kini.

7. Di masa Perang Dunia 2, piala Oscar dibuat dari gips yang di-cat gara-gara terjadi kelangkaan logam. Setelah perang berakhir, para pemenang Oscar yang mendapat piala gips tersebut kemudian diminta untuk menukarnya dengan piala logam berbalut emas.

8. Penganugerahan piala Oscar pertama kali ditayangkan di televisi saat Academy Awards ke-25 tahun 1953. Diperkirakan 40juta orang menonton acara bergengsi tersebut.

9. Banyak piala Oscar yang kembali ke perusahaan pembuatnya untuk diperbaiki. Perusahaan RS Owens&Co, yang telah membuat piala Oscar sejak 1982 hingga 2015, pernah mengatakan bahwa kerusakan yang dialami piala-piala tersebut berkisar antara lecet, penyok, hingga kepala piala yang nyaris putus.

10. Kebanyakan sineas bermimpi mendapatkan Oscar, tetapi ada beberapa orang yang menolak mentah-mentah, atau bahkan ogah menghadiri acaranya karena berbagai alasan. Tercatat setidaknya ada lima orang yang bersikap demikian, yaitu: Dudley Nichols (Best Screenplay, The Informer), George C. Scott (Best Actor, Patton), Marlon Brando (Best Actor, The Godfather), Woody Allen (beberapa kali), Jean-Luc Godard (Honorary Oscar 2010).

 

Anna Muttaqien

Kontributor sekaligus editor di Sinemapedia. Hobi menulis, membaca, nonton, plus nggosip apa saja yang hubungannya dengan Asia dan Jepang. Mulai suka anime dan manga sejak tahun 90-an, berlanjut sampai sekarang.

Lihat profil selengkapnya






Artikel Lain
Review Film




Berita Popular




Review Pembaca
ivan menulis "."
Di Review Film HIGH & LOW THE MOVIE 3: Final Mission >>
kevin menulis "ini di indo perkiraan masuk kapan ya "
Di Review Film HIGH & LOW THE MOVIE 3: Final Mission >>
Jakli Blythe menulis "katnya bluraynya mau keluar bulan februari lah sekaranh udah maret masih blom kluar juga hadeh"
Di Review Film HIGH & LOW THE MOVIE 2: End Of Sky >>
Dimas yosua cahyo menulis "Gimana yaa cara nonton high & low yg ini,,  saya penasaran sama kelanjutan film nyaa,,  tolong kasih link plis"
Di Review Film HIGH & LOW THE MOVIE 2: End Of Sky >>