Tur Lokasi Syuting Film Horor Di Amerika Serikat

Anna Muttaqien View: 2413

Film horor punya kekhasan tersendiri, bukan cuma karena hantu-hantu yang membuat bulu kuduk berdiri, melainkan juga lokasi yang menyeramkan. Tapi, dilihat diluar layar bioskop, apakah tempat-tempat syuting film horor itu tetap menakutkan? Bisa jadi tidak...dan bisa jadi ya.

Lihat saja dari tempat-tempat "sarang" hantu, monster, dan psikopat Amerika Serikat berikut ini.

 

1. Timberline Lodge, Oregon (The Shining, 1980)

Timberline Lodge

Overlook Hotel dalam film horor psikologis The Shining yang diangkat dari novel karya Stephen King aslinya adalah Timberline Lodge, sebuah resort yang berlokasi di kawasan historis dalam lingkungan hutan nasional Mount Hood, Oregon, Amerika Serikat. Bukannya hotel terpencil, melainkan salah satu daerah tujuan wisata yang didatangi sekitar 2 juta pengunjung setiap tahun berkat daya tarik arsitektur yang khas dan galeri seni-nya. Dengan tamu sebanyak itu, tentu diragukan apakah hantu-hantu berani bergentayangan, baik siang ataupun malam.

 

2. Pemakaman Evans City, Pennsylvania (Night Of The Living Dead, 1968)

Evan City Cemetery

Pemakaman Evans City di negara bagian Pennsylvania, AS, menjadi lokasi syuting pembukaan film zombie legendaris Night of the Living Dead. Tempat pengambilan gambar untuk adegan-adegan lainnya juga diambil di kota yang sama. Meskipun kota-nya bisa dibilang standar kota kecil biasa, tetapi ini adalah pemakaman kota yang sudah eksis sejak tahun 1800an, sehingga bisa dibayangkan betapa seramnya kalau jalan-jalan disana malam hari.

 

3. Monroeville Mall, Pennsylvania (Dawn of the Dead, 1978)

Monroeville Mall

Mall yang jadi markas "pengungsi" wabah zombie di Dawn of the Dead aslinya bernama Monroeville Mall dan berlokasi di Pennsylvania. Bukan cuma tempat syuting, mall ini justru merupakan sumber inspirasi bagi sutradara dan penulis naskahnya, George A Romero.

Romero awalnya diundang oleh temannya yang bekerja di perusahaan pengelola Monroeville Mall untuk melihat-lihat pusat perbelanjaan yang di masa itu masih terhitung langka. Melihat ramainya mall, Romero dengan bercanda mengatakan, orang bisa hidup di mall ini kalau terjadi situasi bahaya. Itulah yang kemudian jadi inspirasi Dawn of the Dead.

 

4. Perryopolis, Pennsylvania (Silence of the Lambs, 1991)

Silence of The Lambs

Inilah rumah psikopat Buffalo Bill dalam film thriller psikologis Silence of the Lambs. Kelihatan seperti rumah biasa di siang hari, tapi bisa jadi agak seram kalau malam tiba. Rumah bergaya Victorian tersebut bertempat di kota kecil Perryopolis, negara bagian Pennsylvania. Tempat syuting lainnya terpencar di berbagai lokasi, salah satunya di Akademi FBI Quantico, negara bagian Virginia.

 

5. Mercusuar Yaquina Head, Oregon (The Ring, 2002)

Yaquina Head

Mercusuar Pulau Moesko yang ada di The Ringversi Hollywood sebenarnya adalah mercusuar yang satu ini. Sepintas nampak seperti umumnya mercusuar dimana-mana, terpencil dan seram ketika senja tiba; tetapi sebenarnya cocok sekali untuk pengambilan gambar. Karena itu pula lah mercusuar ini sebelumnya juga pernah dipakai untuk syuting film Hysterical (1983) dan salah satu episode dalam seri televisi The Nancy Drew Mysteries.

 

6. Amityville, New York (Amityville)

Amityville

Sedikit info bila Anda belum tahu. Film horor Amityville sebenarnya didasarkan pada kejadian tragis nyata. Pada tahun 1974, seseorang bernama Ronald DeFeo, Jr membunuh orang tua dan saudara-saudaranya di rumah mereka yang terletak di kota Amityville di pulau Long Island, New York. Ronald belakangan ditangkap dan dihukum penjara. Setahun kemudian, George Lutz pindah ke rumah tersebut bersama keluarganya, tetapi langsung pindah setelah menghuninya selama 28 hari. Kata George, banyak fenomena paranormal selama mereka tinggal disana.

Nah, foto diatas itu adalah foto rumah tersebut...yang juga jadi tempat syuting untuk beberapa film Amityville. Tak semua film Amityville mendapat izin untuk syuting disana, jadi banyak juga yang bertempat di lokasi berbeda, meskipun rumah yang dipakai untuk poster dan promosi film biasanya tetap rumah itu juga.

 

7. Blairstown, New Jersey (Friday The 13th)

Camp No Be Bo Sco

Inilah Camp No-Be-Bo-Sco yang menjadi lokasi Camp Crystal Lake, tempat kemping musim panas di seri film Friday The 13th sekaligus tempat pembunuh serial Jason Voorhees melakukan berbagai pembunuhannya. Lokasi aslinya di Blairstown, New Jersey, dan sampai sekarang masih aktif jadi tempat kemping pramuka dan berbagai kegiatan anak lainnya. Bahkan, pihak pengelola lokasi kemping kadang mengadakan tur khusus untuk napak tilas titik-titik tempat syuting yang masih terawat.

 

Anna Muttaqien

Kontributor sekaligus editor di Sinemapedia. Hobi menulis, membaca, nonton, plus nggosip apa saja yang hubungannya dengan Asia dan Jepang. Mulai suka anime dan manga sejak tahun 90-an, berlanjut sampai sekarang.

Lihat profil selengkapnya






Artikel Lain
Review Film




Berita Popular




Review Pembaca
ivan menulis "."
Di Review Film HIGH & LOW THE MOVIE 3: Final Mission >>
kevin menulis "ini di indo perkiraan masuk kapan ya "
Di Review Film HIGH & LOW THE MOVIE 3: Final Mission >>
Jakli Blythe menulis "katnya bluraynya mau keluar bulan februari lah sekaranh udah maret masih blom kluar juga hadeh"
Di Review Film HIGH & LOW THE MOVIE 2: End Of Sky >>
Dimas yosua cahyo menulis "Gimana yaa cara nonton high & low yg ini,,  saya penasaran sama kelanjutan film nyaa,,  tolong kasih link plis"
Di Review Film HIGH & LOW THE MOVIE 2: End Of Sky >>