Song Joong-ki, Si Sempurna Yang Berani Ambil Risiko

Galuh Mustika View: 19255

Tak dapat dipungkiri, Descendants of the Sun telah menjadi drama Korea fenomenal yang meraih kesuksesan luar biasa. Tak cuma populer di negara asalnya, drama romantis ini juga terkenal sampai ke luar negeri hingga diekspor ke 32 negara. Atas keberhasilan itu, tak heran bila para pemainnya ikut kecipratan tenar dan menjadi buah bibir di kalangan fans drama Korea. Salah satu bintang utamanya, Song Hye-kyo, memang sudah tersohor sejak beberapa tahun lalu berkat drama lawas Endless Love (2000) dan Full House (2004). Tapi bagaimana dengan lawan mainnya?

yoo si jin dotsTokoh Yoo Si-jin yang penuh karisma di Descendants of the Sun diperankan oleh Song Joong-ki, aktor Korea Selatan yang sebenarnya sudah cukup lama berkecimpung di dunia pertelevisian. Tapi nyatanya, nama Song Joong-ki baru dikenal secara luas oleh fans internasional setelah membintangi Descendants of the Sun. Meski di masa lalu Joong-ki pernah berperan di berbagai film dan drama hits seperti A Werewolf Boy (2012), Sungkyunkwan Scandal (2010), dan The Innocent Man (2012), tapi secara global, tentu Joong-ki masih kalah bersaing dengan nama besar Bae Yong-joon, Won Bin, Rain, Lee Min-ho, ataupun Kim Soo-hyun.

Padahal, publik Korea telah cukup lama mengenal Song Joong-ki sebagai aktor berwajah imut yang konsisten berkarya di drama dan film kenamaan. Selain image tersebut, rupanya ada fakta-fakta menarik lainnya tentang sosok yang berteman baik dengan Jo In-sung ini. Apa sajakah itu?

Mantan Atlet

Sebelum menyeriusi dunia akting, Song Joong-ki sebenarnya sudah punya karir sebagai calon ice skater masa depan yang berfokus pada cabang olahraga short track speed skating. Tak main-main, ia pernah dipercaya menjadi atlet yang mewakili daerahnya dan bermain di kompetisi berskala nasional, serta meraih juara di beberapa turnamen penting. Saat itu Song Joong-ki masih sangat belia, dan impian terbesarnya adalah meraih medali emas Olimpiade. Namun sayang, ia harus rela mengubur mimpi tersebut setelah mengalami cedera serius. Kekecewaan itu agaknya bisa sedikit terobati setelah Joong-ki menerima tawaran bermain sebagai atlet speed skater di serial TV Triple (2009).

Siswa Berprestasi

song joong ki lulus kuliahGagal menempuh karir sebagai atlet, Song Joong-ki kemudian mengalihkan konsentrasinya di bidang akademis. Upaya tersebut rupanya tak sia-sia, sebab Joong-ki kemudian dikenal sebagai salah satu murid terpandai di sekolahnya. Sejak SMA ia telah meraih banyak penghargaan sebagai murid teladan serta aktif di organisasi kesiswaan. Joong-ki juga sukses mempertahankan prestasi akademisnya dan lulus dengan nilai A di semua mata pelajaran.

Sahabat dekat Lee Kwang-soo ini kemudian mengukir prestasi lagi di ujian masuk universitas. Song Joong-ki meraih nilai 380 dari 400 poin maksimal. Ia pun berhasil masuk di jurusan administrasi bisnis Sungkyunkwan University, salah satu universitas terbaik di Korea Selatan. Sebelum jadi aktor, Joong-ki juga tercatat pernah berpartisipasi dan menjadi finalis di acara TV Quiz on Korea, sebuah program kuis kecerdasan.

Debut Sebagai Aktor Film

Melihat jajaran prestasi Joong-ki di bidang akademis, mungkin ada yang bertanya-tanya, kenapa ia tak fokus dikuliahnya saja lalu meniti karir di luar dunia entertainment? Hal itu ternyata bermula dari kepribadian Joong-ki yang agak pemalu. Karena memiliki pembawaan seperti itu, orang tua Joong-ki mendaftakannya di berbagai program pendidikan non-formal termasuk kursus akting. Dari situlah tumbuh minat khusus yang kemudian menarik Joong-ki untuk mengejar karir sebagai aktor ketimbang menekuni perkuliahannya. Akibatnya, prestasi Joong-ki turun drastis sehingga ia baru berhasil lulus setelah menempuh 7 tahun masa kuliah.

Alasan lain mengapa Joong-ki mengambil langkah berani untuk serius di dunia akting adalah kesuksesan debutnya. Ia pertama kali tampil sebagai aktor lewat film Korea yang cukup kontroversial, A Frozen Flower. Meski masih menjadi pemeran pembantu, film yang dibintangi Jo In-sung dan Song Ji-hyo tersebut sukses di pasaran dan meraih banyak nominasi, juga memenangkan berbagai penghargaan bergengsi.

Pilih Wamil Lebih Awal

Wajib militer (wamil) sering menjadi momok bagi artis pria Korea Selatan karena dianggap bisa menghambat kesuksesan karir mereka. Maka dari itu, tak heran bila kebanyakan aktor suka mengulur waktu hingga usia mereka telah mencapai batas maksimal wajib militer. Akan tetapi, Song Joong-ki mengejutkan banyak pihak di tahun 2012 lalu ketika mengumumkan akan masuk wamil saat masih berusia 27 tahun. Beberapa fans menyayangkan keputusan ini karena khawatir popularitasnya akan meredup, namun tak sedikit pula yang mengacunginya jempol karena berani mengambil langkah tersebut, apalagi ia mendaftar sebagai tentara aktif.

"Kudet" Soal Teknologi

Dalam sesi wawancaranya di sebuah acara TV, Song Joong-ki mengaku tak memiliki satupun akun socmed. Ditanya alasannya, ia mengaku secara blak-blakan tak paham seluk-beluk media sosial dan cukup tertinggal dengan update teknologi terkini. Mengetahui hal tersebut, fans pun tidak terlalu mempermasalahkan, karena karir artis Korea justru sering dianggap lebih "aman" jika tidak mempunyai akun socmed. Kenapa bisa begitu?

Di Korea Selatan, banyak artis dihujat karena suka mem-posting berbagai hal yang dianggap kontroversial. Dalam beberapa kasus, gambar atau kalimat biasa-biasa saja bahkan bisa diartikan macam-macam sehingga memancing skandal yang dapat mengancam kelangsungan karir para selebritis. Oleh karena itu, para fans sepakat bahwa tak memiliki akun socmed tidaklah sepenuhnya buruk. Bahkan publik Korea Selatan cenderung lebih menyegani artis-artis yang bisa menjaga privasinya serta tak mengumbar kehidupan pribadi di media sosial.

Alumni Running Man

Semua fans K-Pop dan penggemar acara TV Korea pasti sudah tahu tentang Running Man. Program variety show ini sangat terkenal di berbagai negara hingga sudah diterjemahkan ke dalam 13 bahasa, termasuk Bahasa Inggris, Indonesia, China, Arab, Brazil, dan Rusia. Namun tahukah Anda jika Song Joong-ki pernah jadi member tetap Running Man?

song joong ki di running man

Song Joong-ki saat masih jadi member tetap Running Man

Ya, aktor satu ini faktanya tergabung dalam cast awal Running Man yang sudah tampil sejak episode pertama. Akan tetapi, Joong-ki kemudian memutuskan hengkang untuk fokus pada karirnya sebagai aktor dan hanya muncul hingga episode 41. Meski sudah tak menjadi member tetap Running Man, Song Joong-ki pernah beberapa kali muncul sebagai bintang tamu di acara tersebut. Karena masih menjalin hubungan baik dengan member lainnya, episode spesial yang menayangkan kembalinya Joong-ki selalu dinanti-nantikan dan mendapat respon positif dari pemirsa TV.

Fans Leonardo DiCaprio

Saat ditanya tentang aktor favorit, Song Joong-ki mengajukan nama Leonardo DiCaprio sebagai tokoh idolanya. "Saya mengaguminya dan ingin jadi aktor seperti DiCaprio. Ia punya daya tarik dan aktingnya bagus. Terlebih lagi, DiCaprio sukses bertransformasi dari image-nya sebagai pretty boy menjadi aktor penuh kharisma," demikian sebutnya dalam sebuah interview. Bagian terakhir dalam pernyataan tersebut cukup menarik, karena Joong-ki sendiri dikenal sebagai aktor berwajah imut dengan image anak baik-baik.

Padahal, Joong-ki merasa perlu memperluas pengalamannya di peran-peran lain yang lebih menantang untuk mengembangkan karirnya di masa depan. Ia pun mengaku ingin menjajal bermain sebagai tokoh antagonis suatu saat nanti. Untuk sementara ini, keinginan Joong-ki agaknya sudah setengah tercapai. Joong-ki pada akhirnya berhasil menghidupkan karakter Kapten Yoo Si-jin yang disebut-sebut sangat kharismatik di Descendants of the Sun, meski pada awalnya cukup diragukan karena berwajah baby face.


Diidolakan Sesama Artis

Song Joong-ki memang tidak setampan Won Bin dan tidak multi-talented seperti Rain. Namun dengan semua catatan prestasi juga performanya di berbagai drama serta film, ia tetap berhasil meraih kekaguman dari banyak penggemar. Diantara mereka yang mengaku fans, ada beberapa nama artis wanita yang juga tak kalah populernya dari Song Joong-ki sendiri.

anggota girl group yang ngefans song joong ki

Artis-artis yang mengaku fans Song Joong-ki: (Dari kiri ke kanan) Bora Sistar, Yura Girl's Day, dan Seolhyun AOA

Bora Sistar, Yura Girl's Day, dan Seolhyun AOA adalah contoh artis-artis cantik yang terang-terangan mengaku terjerat oleh pesona Song Joong-ki. Bahkan Song Hye-kyo, lawan main Song Joong-ki di Descendants of the Sun, merasa kagum dan sempat berdebar saat menyaksikan akting Joong-ki yang notabene adalah hoobae-nya (junior) di dunia entertainment Korea.

Image Sempurna Song Joong-ki

Punya latar belakang pendidikan bagus, karir cemerlang, dan berwajah oke, sepintas tak ada cela dari sosok Song Joong-ki. Ia pun dikenal sangat peduli terhadap fans, dermawan, dan sopan. Joong-ki adalah satu dari sedikit artis Korea yang hingga kini masih bersih dari skandal. Beberapa rumor terkait dirinya pun tak pernah berakibat negatif pada kelangsungan karirnya.

Ia pernah digosipkan pacaran dengan Park Bo-young, lawan mainnya di A Werewolf Boy. Gosip itu kemudian reda dengan sendirinya karena baik Joong-ki maupun Bo-young sama-sama menampik rumor tersebut, serta tak ada bukti yang membenarkannya.

song song couple

Pasangan Song Joong-ki dan Song Hye-kyo di Descendants of the Sun

Statusnya yang masih bebas skandal praktis menjadikan Song Joong-ki sebagai salah satu aktor Korea paling digandrungi saat ini. Apalagi, tren Descendants of the Sun telah membuat popularitasnya meroket, hingga terciptalah sindrom Song Joong-ki yang kini banyak beredar luas di internet.


Suka Pilihan Berisiko

Terlepas dari sisi baiknya, Joong-ki juga sebenarnya tak terhindar dari kekurangan. Demi mengarungi karir di dunia entertainment, ia rela melepas fokusnya di bidang pendidikan. Padahal, dengan prestasi akademisnya yang cemerlang, Joong-ki bisa saja membulatkan tekadnya untuk lulus tepat waktu dan bekerja di perusahaan mapan. Namun melihat kesuksesan Song Joong-ki sebagai aktor saat ini, sulit mengatakan bahwa keputusannya untuk memilih berkonsentrasi di dunia akting adalah pilihan yang kurang tepat.

song joong ki saat wajib militerTak hanya itu, keputusan penting lain yang cukup menghebohkan dari Song Joong-ki adalah saat ia mendaftar wajib militer lebih awal. Tak terhitung berapa banyak artis pria yang kesulitan memulihkan karirnya setelah menyelesaikan wamil. Sebut saja Hyun Bin yang pernah menjadi tren lewat perannya di drama Secret Garden (2010). Sepulang wamil, ia mencoba comeback dengan Hyde, Jekyll, Me (2015), tapi sayang drama itu tak memperoleh rating bagus dan kalah bersaing dengan Kill Me Heal Me (2015). Hingga artikel ini diturunkan, belum ada kabar mengenai proyek drama terbaru dari mantan kekasih Song Hye-kyo itu.

Sebaliknya, drama pertama Song Joong-ki selepas wamil, Descendants of the Sun, malah sukses besar dan melambungkan namanya ke kancah internasional. Lalu apakah keberhasilan ini hanya kebetulan semata? Ataukah memang kesuksesan itu merupakan buah kejelian Joong-ki dalam memilih drama yang akan dibintanginya? Apapun itu, satu hal yang bisa disimpulkan di sini adalah: Berani mengambil keputusan sulit dan penuh risiko kadang diperlukan untuk meraih kesuksesan yang lebih besar.

Galuh Mustika

Penggemar film Barat yang doyan nonton segala genre, terutama petualangan dan fantasi. Pengagum karya-karya David Fincher, Christopher Nolan, Guillermo Del Toro, Steven Spielberg, dan Bong Joon-ho. Secara tak terduga juga suka perhatian sama drama dan film Korea. Hasilnya? Still try finding the best of both worlds.

Lihat profil selengkapnya






Artikel Lain
Review Film




Berita Popular




Review Pembaca
ivan menulis "."
Di Review Film HIGH & LOW THE MOVIE 3: Final Mission >>
kevin menulis "ini di indo perkiraan masuk kapan ya "
Di Review Film HIGH & LOW THE MOVIE 3: Final Mission >>
Jakli Blythe menulis "katnya bluraynya mau keluar bulan februari lah sekaranh udah maret masih blom kluar juga hadeh"
Di Review Film HIGH & LOW THE MOVIE 2: End Of Sky >>
Dimas yosua cahyo menulis "Gimana yaa cara nonton high & low yg ini,,  saya penasaran sama kelanjutan film nyaa,,  tolong kasih link plis"
Di Review Film HIGH & LOW THE MOVIE 2: End Of Sky >>