Meski Digampar Kritik, Suicide Squad Pecahkan Rekor Box Office

Anna Muttaqien View: 1670

Review yang buruk tak ada pengaruhnya pada perolehan box office. Hal ini nampaknya terbukti sekali lagi dari pencapaian Suicide Squad pada akhir pekan pertama penayangannya kemarin. Walau skornya di Rotten Tomatoes remuk redam (saat ini sudah anjlok hingga 26% saja) dan para kritikus tak menyambut hangat, tetapi penggemar tetap ramai-ramai mendatangi bioskop untuk menonton Suicide Squad. Dipandang dari aspek sinematografi, mungkin film ini memang banyak bercela, tetapi bagi movie-goers, tetap ada banyak alasan untuk menontonnya.

Hasilnya, film supervillain ini nangkring pada peringkat satu box office akhir pekan di Amerika Serikat. Tak hanya itu, perolehan Suicide Squad sebesar $135 juta merupakan pendapatan tertinggi sepanjang masa untuk pekan pembukaan di bulan Agustus, mengalahkan pemegang rekor sebelumnya, Guardians of the Galaxy. Suicide Squad juga menjadi film Will Smith dengan perolehan pekan pertama tertinggi, mengungguli film-film dari franchise Men in Black.

Jason Bourne yang sebelumnya duduk di kursi nomor satu pun lengser ke peringkat dua dengan penurunan penonton hingga 61% dibanding minggu lalu. Screencrush.com mensinyalir bahwa meski para penonton ingin melihat Matt Damon balik memerankan Bourne, tetapi film-nya sendiri tak begitu bagus. Akibat penurunan itu, meski secara keseluruhan perolehan box office Jason Bourne bakal melebihi The Bourne Identity dan The Bourne Legacy, tetapi agaknya akan sangat sulit untuk melampaui prestasi The Bourne Supremacy dan The Bourne Ultimatum.

Turut menambah daftar film sekuel/remake gagal kali ini adalah Star Trek Beyond, Ghostbusters, dan Ice Age: Collision Course. Star Trek Beyond kemungkinan bakal tembus $150 juta, tetapi diperkirakan takkan bisa mendekati prestasi dua film sebelumnya. Demikian pula dengan Ghostbusters yang tak disambut meriah di box office karena dianggap tak sebagus film original-nya, meskipun skor Rotten Tomatoes mencapai 73%.

Daftar Peringkat Box Office Akhir Pekan Ini:

  1. Suicide Squad - 135.1 Juta USD
  2. Jason Bourne - 22.7 Juta USD
  3. Bad Moms - 14.2 Juta USD 
  4. The Secret Life Of Pets - 11.6 Juta USD
  5. Star Trek Beyond - 10.2 Juta USD
  6. Nine Lives - 6.5 Juta USD 
  7. Lights Out - 6 Juta USD
  8. Nerve - 4.9 Juta USD
  9. Ghostbusters - 4.8 Juta USD
  10. Ice Age Collision Course - 4.3 Juta USD

Anna Muttaqien

Kontributor sekaligus editor di Sinemapedia. Hobi menulis, membaca, nonton, plus nggosip apa saja yang hubungannya dengan Asia dan Jepang. Mulai suka anime dan manga sejak tahun 90-an, berlanjut sampai sekarang.

Lihat profil selengkapnya






Berita Lain
Review Film




Artikel Popular